Image

Hary Tanoe Beberkan Rahasia Dirikan MNC Group dalam Kuliah Umum di ATW Sukoharjo

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 06 September 2016, 11:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 06 65 1482420 hary-tanoe-beberkan-rahasia-dirikan-mnc-group-dalam-kuliah-umum-di-atw-sukoharjo-DH1WB3vqYw.jpg Hary Tanoe memberikan kuliah umum di ATW. (Foto: Bramantyo/Okezone)

SUKOHARJO – CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, mengisi kuliah umum untuk mahasiswa program diploma Akademi Teknologi Warga (ATW) di Solobaru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Di hadapan 600 mahasiswa serta pelajar akademi yang didirikan pada 1973 itu, Hary Tanoe membeberkan kiat-kiat usaha dalam kuliah umum bertema 'Membangun Ekonomi Indonesia Menghadapi Persaingan Global'. Dalam kesempatan tersebut, Hary Tanoe memberikan semangat kepada mahasiswa agar dapat menjadi pengusaha yang sukses.

Hary Tanoe juga mendorong generasi muda untuk menjadi sukses. Sebab, dia sangat senang melihat mahasiswa menjadi sukses.

"Tidak mudah menjadi pengusaha yang sukses, tapi kalau kita terus berusaha, kerja keras, pantang menyerah, tidak menutup kemungkinan kita bisa sukses. Jadi kalau kita diam saja, mana mungkin kita bisa sukses. Tapi satu hal yang tidak boleh kita lupakan, jangan lupa untuk tetap berdoa," jelas Hary Tanoe yang disambut tepukan meriah dari mahasiwa, Selasa (6/9/2016).

Hary Tanoe kemudian membeberkan usaha kerja keras yang selama ini dilakukannya dalam membangun usaha. Ia mengungkapkan, tak mudah membangun sebuah perusahaan. Awalnya, usaha yang dimiliki Hary Tanoe adalah RCTI.

Kemudian pada 2001–2002, Hary Tanoe berpikir membangun wadah usahanya. Kemudian lahirlah MNC. Berkat ketekunan serta usaha yang tak mengenal lelah, MNC bisa seperti saat ini.

"Saya ini mendirikan MNC tadinya seorang diri. Karyawannya ya cuma saya sendirian. Kemudian berkat kerja saya, siang, malam terus menerus kerja, akhirnya usaha saya berbuah manis. Saat ini saya memiliki ribuan karyawan," ungkapnya.

Hary Tanoe menambahkan, generasi muda jangan mudah untuk terus berusaha. Hal yang terpenting yakni konsekuen dalam berusaha. Dia mengungkapkan, meski telah memiliki usaha yang mapan, Hary Tanoe terus belajar bagaimana agar dirinya bisa menjadi sukses, terutama dalam membangun media.

Kemudian Hary Tanoe akhirnya berkeliling ke negara-negara untuk belajar perusahaan-perusahaan media. Setelah dirasa cukup, Hary Tanoe pun menata perusahaannya.

"Hingga akhirnya, MNC Group mampu melahirkan media-media berintegritas terbesar di Indonesia," ujarnya.

Jumlah pengusaha yang ada di Indonesia, lanjut Hary Tanoe, merupakan salah satu yang terkecil di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut dapat berpengaruh negatif kepada bangsa, salah satunya minimnya pembayar pajak untuk pembangunan negara.

"Kenapa kita harus bisa menjadi pengusaha yang sukses? Karena menjadi pengusaha yang sukses dapat menyumbang pajak kepada negara untuk pembangunan. Bayangkan dari sekian juta penduduk Indonesia, hanya tidak lebih dari 1 juta orang yang mampu membayar pajak. Itu akan menghambat negara ini," tambahnya.

Selain itu, manfaat menjadi pengusaha sukses yakni dapat membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat banyak. Saat ini jumlah lapangan pekerjaan yang ada tidak mampu menampung jutaan penduduk yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

"Kalau kita menjadi pengusaha negara tidak hanya dibantu dengan pembayaran pajak. Kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan yang banyak untuk penduduk Indonesia. Hal itu nantinya juga bisa membantu membangun perekonomian negara dan tidak terjadi kesenjangan sosial seperti sekarang ini," jelasnya.

Untuk itu, Hary Tanoe berharap para generasi muda atau mahasiswa, khususnya mahasiswa ATW, agar dapat menjadi pengusaha yang sukses di masa depan demi pertumbuhan pembangunan dan perekonomian bangsa.

"Saya berharap mahasiswa di sini, generasi muda mempunyai jiwa pengusaha yang kuat, jangan jadi pribadi yang lemah dan mudah menyerah. Terus berusaha, terus bersabar, agar nantinya bisa menjadi pengusaha sukses untuk diri sendiri dan bangsa Indonesia," pungkasnya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini