nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transgender di Bolivia Dapat KTP Khusus

ant, Jurnalis · Rabu 07 September 2016 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 07 18 1483735 transgender-di-bolivia-dapat-ktp-khusus-a4BiCq6Dhv.jpg Pelangi dipakai sebagai lambang pergerakan kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender. (Foto: shutterstock)

LA PAZ - Kaum transgender di La Paz, Bolivia, tengah merayakan haknya menerima kartu pengenal baru dengan keterangan jenis kelamin sesuai kehendak mereka. Ini merupakan kebijakan baru yang ditetapkan negara tersebut.

Kegembiraan itu terlihat dari aksi sejumlah pegiat lesbi, gay, biseksual dan transgender (LGBT) mengibarkan bendera pelangi sebagai lambang pergerakannya. Pegiat LGBT Pamela Geraldine Valenzuela adalah warga pertama penerima kartu pengenal baru itu pada pekan lalu dalam peresmian oleh walikota La Paz, Luis Revilla.

"Saya tidak akan berhenti berjuang hingga mencapai saat seperti ini, hingga akhirnya negara mengakui semua kaum LGBT, yang tercermin dalam keterangan kartu pengenalnya," katanya.

Undang-undang baru memungkinkan masyarakat transgender mendaftar untuk pembuatan kartu pengenal dengan nama dan rincian jenis kelamin sesuai dengan keinginannya. Aturan tersebut diberlakukan di bawah pemerintahan sayap kiri Presiden Evo Morales.

Pemerintah Bolivia berupaya memberi kartu pengenal baru bagi masyarakat banci mengikuti jejak negara lain, seperti, Inggris, Kolombia, dan Australia.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini