nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituntut Hukuman Mati, Ini Peran 'Bos' Pemerkosa Yuyun

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 08 September 2016 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 08 340 1484673 dituntut-hukuman-mati-ini-peran-bos-pemerkosa-yuyun-MzqKICsj5D.jpg Sidang kasus Yuyun (Foto: Demon/Okezone)

BENGKULU - Zainal alias Bos, satu dari lima terdakwa dewasa pemerkosa Yuyun (14) dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Curup, dengan hukuman mati, dalam sidang tuntutan yang digelar hari ini, di Pengadilan Negeri Curup, Kabupaten Rejang Lebong.

Bos dituntut hukuman mati lantaran menjadi dalang dalam pemerkosaan siswi SMP di Kecamatan Padang Ulak Tanding, awal April 2016. Dalam sidang tuntutan itu, Bos juga diduga sebagai terdakwa utama yang menyuruh, menggerakkan untuk terdakwa lainnya dalam pemerkosaan tersebut. Bos juga diduga sebagai eksekutor dalam pembunuhan Yuyun.

"Terdakwa Bos, sebagai pelaku utama yang menyuruh, menggerakkan untuk terdakwa lainnya dalam tidakan pertama pemerkosaan. Kemudian Bos juga sebagai eksekutor dalam pembunuhan Yuyun," kata Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Curup, Dodi Wiraadmaja, saat ditemui usai sidang, Kamis (8/9/2016).

Untuk empat terdakwa dewasa pemerkosa Yuyun lainnya, sambung Dodi, adalah Tomi Wijaya alias Tomi, Mas Bobi alias Bobi, M Suket dan Faizal Eldo Syaisah, dituntut hukuman 20 tahun kurungan.

"Peran empat dewasa pemerkosa Yuyun dan Bos berbeda. Jadi, keempat terdakwa dituntut hukuman 20 tahun kurungan," jelas Dodi.

Ia menambahkan, kelima terdakwa dikenakan Pasal 340 KUHP, juga Pasal 80 Ayat (3) dan Pasal 81 Ayat (1) junto Pasal 76 huruf d UU Nomor 35 Tahun 2014, tentang Perlindungan Anak.

Namun, kata dia, pembedaan tuntutan kelima terdakwa dikarenakan peran masing-masing dalam tragedi pemerkosaan Yuyun.

"Minggu depan sidang akan kembali digelar, beragendakan pembelaan dari lima terdakwa," tutup Dodi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini