nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keluarga Puas Pemerkosa Yuyun Dituntut Hukuman Mati

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 08 September 2016 18:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 08 340 1484961 keluarga-puas-pemerkosa-yuyun-dituntut-hukuman-mati-vu5Md5ebZ8.jpg Sidang kasus Yuyun (Foto: Demon/Okezone)

BENGKULU - Pendamping keluarga almarhumah Yuyun dari Women's Crisis Center (WCC) Harapan Perempuan, Rejang Lebong, Bengkulu, Suhartini berharap, tuntutan lima terdakwa pemerkosa Yuyun, agar bisa dijatuhkan saat sidang vonis nantinya.

Sebab, kata dia, tuntutan hukuman mati untuk terdakwa Zainal alias Bos, satu dari lima terdakwa dewasa dianggap telah sesuai dengan permintaan orangtua Yuyun.

"Kita minta tuntutan hukuman mati itu juga sama saat sidang vonis nanti. Tuntutan hukuman mati itu sudah setimpal," kata Suhartini, kepada Okezone, Kamis (8/9/2016).

Sementara empat terdakwa dewasa lainnya yang dituntut hukuman 20 tahun penjaran, terang Suhartini, juga sudah dianggap layak dan pantas diterima oleh empat terdakwa.

"Tuntutan hukuman itu saya nilai sudah pantas untuk mereka berempat," tambah Suhartini.

Ia menambahkan, saat ini pihak keluarga Yuyun dan dirinya merasa was-was dalam segi keamanan, hal tersebut terkait tuntutan yang dijatuhkan kepada lima terdakwa tersebut. Terlebih lagi, ada terdakwa yang dihukum mati.

"Siapa tahu saja ada yang tidak senang dengan keluarga Yuyun atas tuntutan itu. Makanya saya was-was," ujar Suhartini.

Sebagaimana diketahui, Zainal alias Bos terdakwa pemerkosa Yuyun (14) dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Curup, dengan hukuman mati, dalam sidang tuntutan yang digelar hari ini, di Pengadilan Negeri Curup, Kabupaten Rejang Lebong.

Bos dituntut hukuman mati lantaran menjadi dalang dalam pemerkosaan siswi SMP di Kecamatan Padang Ulak Tanding, awal April 2016.

Dalam sidang tuntutan itu, Bos juga diduga sebagai terdakwa utama yang menyuruh, menggerakkan untuk terdakwa lainnya dalam pemerkosaan tersebut. Bos juga diduga sebagai eksekutor dalam pembunuhan Yuyun.

Untuk empat terdakwa dewasa pemerkosa Yuyun lainnya, Tomi Wijaya alias Tomi, Mas Bobi alias Bobi, M Suket dan Faizal Eldo Syaisah, dituntut hukuman 20 tahun kurungan.

Kelima terdakwa dikenakan Pasal 340 KUHP, juga Pasal 80 Ayat (3) dan Pasal 81 Ayat (1) junto Pasal 76 huruf d UU Nomor 35 Tahun 2014, tentang Perlindungan Anak.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini