Absen Kuliah, Fakultas Pertanian Unsoed Gunakan Finger Print

Susi Fatimah, Okezone · Kamis 08 September 2016 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 08 65 1484764 absen-kuliah-fakultas-pertanian-unsoed-gunakan-finger-print-g2RGzzwqhf.bmp Foto: Dok Unsoed

JAKARTA - Absensi mahasiswa merupakan salah satu elemen terpenting dalam kegiatan perkuliahan. Dengan sistem absensi manual, proses pengolahan data kehadiran mahasiswa dan dosen membutuhkan waktu yang lama dan dapat berpotensi menimbulkan sejumlah masalah.

Fakultas Pertanian Unsoed mulai semester gasal TA 2016/2017 menerapan absensi perkuliahan dengan sistem finger print. Teknologi fingerpint merupakan salah satu teknologi keamanan yang akurat dan sulit untuk dimanipulasi karena menggunakan pengenalan sidik jari mahasiswa.

Kepala Sub Bagian Akademik & Kemahasiswaan, Sri Wahyuningsih, S.P, mengatakan tujuan diterapkanya sistem finger print untuk meningkatkan ketertiban administrasi perkuliahan dengan tingkat akurasi data yang lebih baik.

“Absen finger print ini terkoneksi dengan ESIA, sehingga akan memudahkan dalam pengolahan data absensi finger print terekam,” ujar Sri, seperti disitat dari laman Unsoed, Kamis (8/9/2016).

Lebih lanjut Sri mengatakan, sistem absensi finger print diberlakukan untuk semua angkatan dan jumlah mahasiswa kurang lebih sekira 3.000 mahasiswa. Pendaftaran sidik jari pada mesin finger print sudah dilaksanakan sejak 15 hingga 27 Agustus 2016 namun masih ada beberapa mahasiswa yang belum mendaftar karena masih melakukan kegiatan KKN, PKL dan akan segera menyusul.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini