nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Suka-Duka Vidi Aldiano Kuliah di Luar Negeri

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Minggu 11 September 2016 18:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 10 65 1486597 intip-suka-duka-vidi-aldiano-kuliah-di-luar-negeri-fYveilBoQa.jpg Vidi Aldiano. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Banyak hal yang perlu disiapkan ketika ingin lanjut kuliah di luar negeri. Tak sampai di situ, setibanya di negara tujuan, pelajar juga dihadapkan dengan adaptasi lingkungan baru, termasuk menyesuaikan diri dengan cuaca.

Sulitnya adaptasi awal saat kuliah di luar negeri juga pernah dirasakan Vidi Aldiano. Kala itu, penyanyi yang melejit lewat tembang ‘Nuansa Bening’ tersebut tengah melanjutkan studi S-2 di University of Manchester, Inggris.

"Adaptasi awal agak susah, apalagi kalau kuliah di negara yang punya empat musim kita harus menyesuaikan diri sama cuacanya," tuturnya saat mengunjungi Kantor Redaksi Okezone, Jakarta, baru-baru ini.

Vidi mengaku sempat kewalahan menjaga kesehatannya. Alhasil, begitu tiba di Inggris dia langsung terserang penyakit, seperti demam dan masuk angin. "Jadi menjaga daya tahan tubuh itu penting sekali. Perbedaan cuacanya cukup ekstrem, di Jakarta kan biasa panas tiba-tiba dingin," kenangnya.

Dengan berjalannya waktu, cowok 26 tahun itu pun menceritakan dirinya mulai bisa beradaptasi dengan cuaca. Kendati demikian, Vidi harus ekstrabelajar untuk dapat meraih prestasi akademis. Menurutnya, jago berbahasa Inggris saja tidak cukup.

"Beda antara ngomong bahasa Inggris dengan menulis akademis pakai bahasa Inggris. Menulis ilmiah dengan bahasa Inggris yang baku dan benar itu susah," sebutnya.

Vidi menjelaskan, butuh latihan rutin untuk akhirnya bisa lancar menulis akademis untuk tugas-tugas kuliahnya. Dia pun berbagi sedikit tips untuk pelajar Indonesia yang tertarik melanjutkan kuliah ke luar negeri.

"Pertama, bahasa itu pasti penting banget. Tapi ada lagi yang menentukan, yaitu personal statement dan esai. Karena dua komponen itu yang bisa kita tonjolkan apa perbedaan dan keunikan yang kita punya. Pikirkan juga setelah lulus nanti mau berkontribusi apa untuk bangsa dan dunia," tutup Vidi. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini