nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Majelis Hakim Putuskan Merehabilitasi Terdakwa Anak Pemerkosaan Yuyun

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 15 September 2016 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 15 340 1489907 majelis-hakim-putuskan-merehabilitasi-terdakwa-anak-pemerkosaan-yuyun-U0xAZF2YM5.jpg Hukum (Foto: Ilustrasi)

BENGKULU – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Curup, Rejang Lebong, memutuskan merehabilitasi Ja (13), terdakwa anak pemerkosa Yuyun (14), siswi di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Ja akan direhabilitasi di Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Ja dijatuhkan tindakan menjalani rehabilitasi sosial selama satu tahun dalam sidang beragenda tuntutan yang dipimpin oleh Hakim Heny Faridha dan hakim anggota Hendry Sumardi serta Fakhrudin yang berlangsung hari ini di ruang sidang anak PN Curup.

''Majelis hakim menjatuhkan tindakan berupa perawatan di PSMP Jaktim,'' kata Humas PN Curup Kelas IB Rejang Lebong, Riswan Herafiansyah, Kamis (15/9/2016).

Ia menambahkan, dalam sidang tuntutan itu, Ja melanggar Pasal 80 Ayat (3) dan Pasal 81 Ayat (1) juncto Pasal 76 Huruf d Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 66 KUHP. Sidang ini sendiri berlangsung secara tertutup.

''Terdakwa masih anak di bawah umur, makanya majelis hakim mengenakan tindakan perawatan dan mesti menjalani rehabilitasi sosial,'' ujar Riswan.

Selanjutnya, sambung Riswan, sidang akan kembali digelar pada Kamis 22 September 2016 dengan agenda pleidoi dari kuasa hukum terdakwa. Saat ini sidang kelima terdakwa dengan agenda pleidoi masih berlangsung di Ruang Sidang I PN Curup.

''Sidang hanya berlangsung beberapa menit, dan tidak sampai 30 menit,'' kata Riswan.

Sebagaimana diketahui, dalam sidang tuntutan lima terdakwa dewasa pemerkosa Yuyun (14), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Curup mendakwa satu dari lima terdakwa yakni Zainal alias Bos dengan hukuman mati.

Sementara empat terdakwa lainnya yaitu Tomi Wijaya alias Tomi, Mas Bobi alias Bobi, M Suket, dan Faizal Eldo Syaisah dituntut hukuman 20 tahun kurungan. Perbedaan tuntutan kelima terdakwa dikarenakan peran masing-masing dalam tragedi pemerkosaan Yuyun.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini