nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah di Luar Negeri Latih Mental Jadi Entrepreneur

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 19 September 2016 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 17 65 1491778 kuliah-di-luar-negeri-latih-mental-jadi-entrepreneur-khrr0F51tB.jpg (Foto: Iradhatie Wurinanda/Okezone)

JAKARTA - Lanjut kuliah di luar negeri menjadi kesempatan mahasiswa untuk latihan mandiri. Saat ini, kesempatan tersebut pun kian terbuka lantaran banyaknya beasiswa yang tersedia.

Belajar di luar negeri juga tak sekadar mendapat pendidikan yang lebih baik atau keren-kerenan saja. Bagi salah satu alumnus University of Canterbury Selandia Baru, Nikita Wong, kuliah di luar negeri telah melatih mentalnya untuk menjadi seorang entrepreneur.

"Ya memang di sana aku juga belajar entrepreneur. Saat kuliah aku bergabung di organisasi AISEC dan banyak belajar bagaimana berhubungan sama orang. Dan karena aku juga ambil IT jadi sekarang ini aku kerja di salah satu start up yang juga berbasis IT," ucapnya saat berbincang di Kedutaan Besar Selandia Baru, Jakarta, baru-baru ini.

Bekerja di start up, kata Nikita, butuh kerja keras. Kendati demikian, situasi kerja tersebut justru paling sesuai dengan kepribadiannya. Menurut cewek bergelar Bachelor of Commerce itu, kerja di start up dapat menghasilkan sesuatu sendiri, namun berguna bagi masyarakat.

"Selain itu mental juga sudah dilatih sejak kuliah. Di Selandia Baru start up sudah ada sejak lama, sedangkan di sini baru booming baru-baru ini," sebutnya.

Sedangkan entrepreneur muda lainnya, Vikra Ijas menuturkan, ketertarikannya di dunia start up sudah timbul sejak kuliah di University of Aunckland, Selandia Baru. Vikra juga sempat magang di start up semasa kuliah hingga membuatnya harus menambah satu semester lagi untuk lulus.

"Banyak start up di sana. Dan aku termasuk yang penasaran. Terakhir kuliah juga magang di start up. Jadi waktu pulang ke sini lanjut bikin start up sendiri," pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini