China: Jepang Coba Membuat Kacau Situasi di LCS

Emirald Julio, Okezone · Selasa 20 September 2016 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 20 18 1493521 china-jepang-coba-membuat-kacau-situasi-di-lcs-T8Vi1Jjgg0.jpg Foto juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang (Foto: China Daily)

BEIJING – China menuduh Jepang mencoba membuat kacau situasi di Laut China Selatan (LCS). Negeri Tirai Bambu mengklaim hal itu dilakukan usai negara-negara tetangga Jepang menyatakan akan meningkatkan aktivitas di LCS melalui latihan gabungan dengan Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2016) juru bicara (jubir) Kementerian Luar Negeri (kemlu) China Lu Kang mengatakan, negara-negara yang terlibat dalam sengketa LCS telah mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan sengketa tersebut dengan jalur pembicaraan. Ia juga menuturkan, China dan negara-negara di Asia Tenggara harus bergabung untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di LCS.

“Jepang mencoba membuat kacau situasi di LCS atas dalih untuk (membantu) komunitas internasional,” ujar Kang pada wartawan yang bertanya mengenai pengumuman jepang yang akan membantu capacity Building di negara-negara pantai yang berada di perairan sibuk (termasuk LCS). Pengumuman ini diumumkan Jepang ketika menteri pertahanannya mengunjungi Washington pada pekan lalu.

Kang menambahkan, China tetap teguh dalam determinasinya untuk melindungi kedaulatan serta kepentingan maritimnya. Tampaknya yang jubir Kemlu China itu maksud adalah klaim China terhadap LCS yang Negeri Tirai Bambu sebut merupakan wilayah pemberian leluhur mereka.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini