nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubes Korsel Apresiasi Tanggapan Indonesia terhadap Nuklir Korut

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 20 September 2016 16:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 20 18 1494028 dubes-korsel-apresiasi-tanggapan-indonesia-terhadap-nuklir-korut-ajhs9su8m1.jpg Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tai-young mengapresiasi langkah Jakarta (Foto: Wikanto Arungbudoyo/Okezone)

JAKARTA – Serangkaian uji coba nuklir dan rudal balistik Korea Utara (Korut) sepanjang 2016 menuai kecaman dari dunia internasional. Tidak ketinggalan, Indonesia juga turut menyayangkan aksi Korut yang dinilai mengganggu stabilitas kawasan.

Langkah Indonesia itu diapresiasi oleh Duta Besar Korea Selatan (Korsel) Cho Tai-young. Pria berkacamata itu yakin, tidak hanya Negeri Ginseng yang memuji Indonesia, tetapi juga komunitas internasional.

“Saya mengapresiasi pemerintah Indonesia. Jakarta mengirimkan pesan yang jelas. Sebagai anggota PBB, Indonesia mengimplementasikan resolusi Dewan Keamanan secara jelas,” ujar Tai-young di Kedutaan Besar Korsel, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2016).

Selain menyesalkan tindak-tanduk Korut, Indonesia juga meminta Pyongyang untuk menahan diri. Indonesia juga mengimbau semua pihak untuk menahan diri dan mengedepankan diplomasi serta dialog untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Sebagaimana diberitakan, Korut kembali menembakkan rudal dari kapal selam dan uji coba nuklir beberapa hari kemudian. Tiga buah rudal yang ditembakkan Korut mampu menembus jarak 1.000 kilometer (km) hingga wilayah perairan Jepang. Sementara, uji coba nuklir Korut diklaim sebagai yang terbesar yang pernah mereka lakukan dengan kekuatan mencapai 10 kiloton.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini