nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Langit "Terbelah" Hebohkan Warga

Erie Prasetyo, Jurnalis · Selasa 20 September 2016 21:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 20 340 1494333 fenomena-langit-terbelah-terlihat-di-kota-medan-lAJZv1K7TV.jpg Fenomena langit terbelah di Medan. Foto Erie Prasetyo/Okezone

MEDAN – Fenomena awan seperti membelah langit terlihat di Kota Medan, Sumatera Utara. Fenomena itu sempat menghebohkan dan menjadi tontonan warga, khususnya yang bermukim di Kecamatan Medan Deli, Selasa (20/9/2016).

Seorang warga bernama Muhammad Hasby mengatakan, awan tersebut terlihat selama kurang lebih 3 menit.

"Awannya seperti membelah langit. Baru kali ini saya lihat awan seperti itu. Awannya gelap, dan di tengahnya langit tidak ditutupi awan," ujar Hasby.

Selain awan seperti membelah langit, awan berwarna oranye juga terlihat di tengah awan mendung di Kota Medan.

Awan seperti membelah langit itu juga pernah terpantau Okezone pada pertengahan 2015 di kota Medan. Sama halnya dengan yang terjadi saat ini, waktu itu fenomena awan serupa juga jadi tontonan warga.

Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sunardi menjelaskan, fenomena awan tersebut adalah awan Kumulonimbus, yakni awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlihat sebelum hujan deras dan angin kecang terjadi.

"Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Berpotensi hujan lebat dan angin kencang," jelas Sunardi kepada Okezone.

Tak lama setelah fenomena awan tersebut, hujan deras menerpa Kota Medan dan sekitarnya. (fzy)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini