Image

Temukan Unsur Pidana, Polisi Lengkapi Berkas Penghina Nabi Muhammad

Mustholih, Jurnalis · Rabu 21 September 2016, 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 21 512 1494750 temukan-unsur-pidana-polisi-lengkapi-berkas-tersangka-penghina-nabi-muhammad-QCaWRydu31.jpg Buku karangan Ahmad Fauzi (foto Twitter)

SEMARANG - Penulis buku 'Tragedi Incest Adam dan Hawa & Nabi Krimial', Ahmad Fauzi ditetapkan sebagai tersangka karena tulisannya diduga menghina Nabi Muhammad dan memicu kemarahan umat Islam. Polda Jawa Tengah masih melengkapi berkas kasus tersebut.

Ahmad Fauzi dalam bukunya antara lain menyatakan Nabi Muhammad dalam kondisi kesurupan saat menerima wahyu dari Tuhan. Ia dilaporkan oleh sejumlah ormas Islam ke polisi.

Kapolda Jateng, Inspektur Jenderal Condro Kirono mengatakan, penyidik memang menemukan ada indikasi tindak pidana dari ulah Ahmad Fauzi tersebut. "Ada laporan dari berbagai ormas, kita terima. Mekanismenya kita gelar dan hasil gelar ada pelanggarannya. Kita tindalanjuti," kata Condro di Rumah Sakit Ken Saras, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/9/2016).

Meski begitu, Condro menegaskan Ahmad Fauzi tidak sampai ditahan. Dalam proses penyidikan, kata dia, jaksa penuntut umum memberi petunjuk agar Ahmad Fauzi menjalani tes kejiwaan untuk kelengkapan berkas. "Ada petunjuk jaksa supaya dilakukan tes kejiwaan, jadi itu petunjuk jaksa, sekarang itu sudah dilalui," ujar Condro.

Sebagaimana diketahui, Ahmad Fauzi dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Aminogondohutomo untuk menjalani observasi medis selama sepekan. Tujuan observasi adalah agar polisi mendapatkan visum et repertum.

Observasi medis dirasa penting mengingat Ahmad Fauzi saat menjalani pemeriksaan di Polda, mengaku pernah mengidap penyakit skizofrenia. Observasi sudah dilakukan terhadap Ahmad Fauzi beberapa hari lalu, namun RSJ Amino merahasiakan hasil diagnosa.

Condro mengaku belum tahu apakah hasil diagnosa Ahmad Fauzi sudah masuk ke Polda Jawa Tengah atau belum. "Nanti kita cek lagi," ujar Condro.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini