Image

Ini Musabab Kejahatan Seksual dan Narkoba Aa Gatot Brajamusti

Syamsul Anwar Khoemaeni, Jurnalis · Sabtu, 24 September 2016 - 08:15 WIB

JAKARTA - Polisi menangkap ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Gatot Brajamusti di Mataram, NTB atas kepemilkan narkoba jenis sabu pada Minggu 28 Agustus silam. Belakangan terungkap jika sosok yang akrab disapa Aa Gatot itu juga terjerat kasus kepemilikan senjata api (senpi) dan dugaan pemerkosaan.

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Kuncoro menilai, musabab kasus Aa Gatot bermula setelah ia berhasil membangun dirinya sebagai figur yang dikagumi. Namun, citra yang demikian itu juga tak terlepas dari sejumlah artis yang rajin mendatanginya.

"Sebelumnya ada kepercayaan, lalu ada sugesti untuk ikut. Dia punya figur otoritas yang kuat. (Dimulai) artis datang ke dia, lalu orang datang ke dia. Orang mudah percaya karena artis juga berbondong-bondong kesitu, misal Elma Theana, Reza Artamevia," ujar Kuncoro saat berbincang dengan Okezone, Sabtu (24/9/2016).

Alhasil, guna memperkuat pengaruhnya, Gatot kemudian membangun padepokan Brajamusti untuk menampung orang yang datang dan berguru kepadanya. Selanjutnya, Kuncoro menyebut, jika narkoba menjadi stimulan untuk membuat orang lebih nekat dan menuruti semua perkataan Gatot.

"Ketika Gatot mudah memperdaya orang dikemaslah tempat belajar. Narkoba jadi stimulan membuat orang lebih berani," imbuhnya.

Karenanya, Kuncoro mengimbau agar masyarakat lebih kritis terhadap figur atau idola. Bahkan, ia meminta supaya ada masyarakat menekankan substansi pesan atau ajaran dan tidak mengedepankan siapa yang mengatakan.

"Saran saya, orang lebih kritis dengan sesuatu dan tidak mudah percaya dengan sesuatu. Bukan siapa ngomong apa, tapi apa yang dikatakan. Pintu masuknya Gatot dikenal orang, narkoba jadi stimulan," tandasnya.

Seperti diketahui, korban dugaan pemerkosaan yang dilakukan oleh Aa Gatot berbondong-bondong melapor ke Polda Metro Jaya. Mereka mengaku telah dipaksa untuk bersetubuh dengannya. Tak hanya itu Aa Gatot juga gemar mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming