nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Ikan Mati Mendadak Diduga Akibat Cemaran Limbah

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 11:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 28 340 1500612 ribuan-ikan-mati-mendadak-diduga-akibat-cemaran-limbah-0MIKRAfwn7.jpg ribuan ikan mati di Sungai Kotong Bengkulu (Foto: Demon/Okezone)

BENGKULU - Ribuan ikan dari berbagai jenis mati mendadak, di aliran Sungai Kotong, Desa Pondok Kelapa I, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Rabu (28/9/2016) pagi.

Ribuan ikan tersebut diduga mati akibat keracunan limbah yang dibuang salah satu perusahaan tambak udang di wilayah itu.

Tak hanya itu, air sungai juga berubah warna menjadi hitam pekat dan mengeluarkan bau menyengat. Bahkan, bau menyengat itu sudah tercium hingga ke permukiman warga setempat yang berjarak sekira 50 meter dari tepi aliran sungai.

Salah seorang warga setempat, Buyung Beng mengatakan, ribuan anak ikan yang mati di antaranya jenis belanak, nila, ketang-ketang, cabe-cabe, nawi, kakap, udang serta ikan lainnya. Kejadian itu, kata Buyung, diduga adanya pembuangan limbah ke aliran Sungai Kotong yang memiliki panjang ratusan meter.

''Ikan yang mati diduga karena keracunan limbah,'' kata Buyung kepada Okezone.

Hal senada juga disampaikan, warga lainnya, Kanedi. Menurutnya, peristiwa matinya ribuan ikan di aliran sungai tersebut sudah terjadi empat kali sepanjang tahun ini. Kejadian itu sudah dilaporkan ke perangkat desa dan pihak perusahaan, namun sama sekali tak digubris.

''Sungai ini tempat kami mencari nafkah. Kalau begini terus bagaimana kami menafkahi anak dan istri kami,'' keluhnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini