Image

Bill Clinton

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis, 29 September 2016 - 17:28 WIB
Mantan Presiden AS William Jefferson Clinton (Foto: David Becker/Reuters) Mantan Presiden AS William Jefferson Clinton (Foto: David Becker/Reuters)

WILLIAM “Bill” Jefferson Clinton lahir di Hope, Negara Bagian Arkansas, pada 19 Agustus 1946. Bill Clinton terlahir dengan nama William Jefferson Blythe III. Bill Clinton lahir hanya tiga bulan setelah ayahnya meninggal akibat kecelakaan.

Saat berusia empat tahun, sang ibu menikahi Roger Clinton. Bill baru mengubah nama marganya menjadi Clinton saat menempuh pendidikan di Sekolah Menengah. Bill Clinton adalah seorang murid yang berprestasi di berbagai bidang, termasuk musik. Bill Clinton sangat ahli memainkan saksofon sehingga digadang-gadang akan menjadi musisi profesional.

Bill Clinton lalu bertemu mendiang Presiden John Fitzgerald Kennedy saat menjadi delegasi sekolahnya di Taman Bunga Mawar Gedung Putih, Istana Kepresidenan Amerika Serikat (AS). Pertemuan dengan sang presiden, membuat Bill Clinton muda terinspirasi untuk menjadi seorang pejabat publik.

Bill Clinton lulus dari Georgetown University pada 1968 dan mendapat beasiswa Rhodes Scholarship untuk melanjutkan pendidikan ke Oxford University, Inggris. Bill Clinton lalu menerima gelar sarjana hukum di Yale University pada 1973 di mana dirinya bertemu Hillary Diane Rodham, yang di kemudian hari menjadi istrinya.

Di tahun yang sama, Bill Clinton mulai terjun ke dunia politik di tanah kelahirannya, Arkansas. Sayangnya, Bill Clinton kalah dalam kampanye sebagai anggota Kongres mewakili Arkansas pada 1974. Selang setahun kemudian, Bill menikahi Hillary. Pernikahan yang membawa berkah bagi Bill Clinton.

Bill kemudian terpilih sebagai Jaksa Agung Arkansas pada 1976. Kariernya melesat dengan terpilih sebagai Gubernur Arkansas pada 1978. Pada 1980, pasangan Bill dan Hillary Clinton dianugerahi putri tunggal mereka, Chelsea Clinton.

Ia sempat kehilangan posisi sebagai Gubernur Arkansas saat hendak memasuki periode kedua pada 1981. Namun, empat tahun kemudian, berhasil merebut kembali posisi tersebut hingga akhirnya berjuang dalam pemilihan presiden AS pada 1992.

Bill Clinton bersama pasangannya Albert Gore Junior berhasil menyingkirkan kedua pesaingnya, George Bush Senior dan Ross Perrot. Bill Clinton dan Albert Gore Junior naik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat untuk periode 1993-1997. Kedua pasangan itu melanjutkan kepemimpinannya untuk periode kedua pada 1997-2001.

Di bawah pemerintahan Bill Clinton, AS merasakan kestabilan kondisi politik dan ekonomi paling baik sepanjang sejarah. Bill Clinton berhasil mengurangi angka pengangguran, mengurangi inflasi, menurunkan angka kriminalitas, dan mengurangi kesenjangan sosial. Bill Clinton juga mengusulkan APBN berimbang pertama kalinya dan berhasil meraih surplus di akhir tahun anggaran.

Bill Clinton juga cukup sukses dalam menjaga perdamaian dunia. Ia mengirimkan pasukan misi perdamaian ke Bosnia dan mulai menyerang Irak setelah Saddam Hussein menolak inspeksi persenjataan nuklir oleh PBB.

Akhir kejatuhan Bill Clinton ditandai dengan skandal perselingkuhan dengan seorang pegawai magang di Gedung Putih, Gennifer Flowers. Pada 1998, Bill Clinton siap untuk dimakzulkan oleh DPR AS. Namun, dalam persidangan di Senat, Bill Clinton terbukti tidak bersalah. Ia lalu meminta maaf kepada warga AS dan berupaya mengembalikan kepercayaan publik kepadanya. Clinton lalu menyerahkan tampuk kepemimpinan Negeri Paman Sam kepada George Bush Junior setelah mengakhiri jabatannya selama dua periode.

Biodata Tokoh

Nama Lengkap: William Jefferson Clinton

Nama Panggilan/Julukan: Bill Clinton

Tempat Tanggal Lahir: Hope, Arkansas, Amerika Serikat, 19 Agustus 1946

Nama Istri: Hillary Diane Rodham Clinton

Nama Anak: Chelsea Victoria Clinton

Jenjang Pendidikan:

Georgetown University (lulus 1968)

Oxford University (tidak lulus)

Yale Law School (lulus 1973)

Jenjang Karier:

Jaksa Agung Arkansas (3 Januari 1977 – 9 Januari 1979)

Gubernur Arkansas (9 Januari 1979 – 19 Januari 1981, 11 Januari 1983 – 12 Desember 1992) Presiden Amerika Serikat (20 Januari 1993 – 20 Januari 2001)

Penghargaan:

Pria Tahun Ini versi Majalah Time (1993 dan 1998)

Orang-Orang yang Dikagumi Abad 20 versi Gallup (1999)

Medali Kehormatan untuk Pelayanan Publik dari Menteri Pertahanan William Cohen (2001)

Doktor Honoris Causa dari University of Prishtina (2003)

Grammy Award for Best Spoken Album for Children (2004)

Medali Kebebasan (Freedom Medal) dari Roosevelt Institute (2009), dan lain-lain.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming