Sex Toys dan 64,2 Juta Batang Rokok Ilegal Disita di Sulsel

Zulfikarnain, Okezone · Kamis 29 September 2016 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 340 1501991 sex-toys-dan-64-2-juta-batang-rokok-ilegal-disita-di-sulsel-K7PGmo9zJM.jpg

MAKASSAR – Semester I-2016, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi  Selatan (Sulsel) menyita 64,2 juta batang rokok ilegal. Jumlah tersebut berpotensi merugikan negara hingga miliaran rupiah. 

“Berdasarkan informasi dan kerjasama dengan instansi terkait, Kanwil Bea dan Cukai (Sulsel) telah berhasil melakukan penindakan atas rokok ilegal 64,2 juta batang. Ini berpotensi merugikan negara hingga miliaran rupiah,” ujar Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo saat memberikan keterangan di halaman Kantor Kementerian Keuangan Wilayah Sulawesi, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (29/9/2016). 

Rokok tersebut, lanjut Mardiasmo, dinyatakan ilegal dengan beberapa macam kasus. Sejumlah tanda di antaranya ialah menggunakan pita cukai palsu, bekas, atau bukan peruntukannya, dan tidak dilengkapi pita cukai. Rencananya barang-barang tersebut dimusnahkan Kanwil Bea dan Cukai Sulsel. 

“Barang yang akan dimusnahkan tersebut telah disetujui oleh Menteri Kuangan RI (Sri Mulyani). Pemusnahan akan dilaksanakan dengan dibakar,” lanjutnya.

Mardiasmo berharap masyarakat bisa terlindungi program pengawasan ekspor, impor, dan barang kena cukai ilegal. Ia berharap upaya tersebut  meningkatkan penerimaan negara di bidang bea dan cukai.

Selain rokok ilegal, Kanwil Bea dan Cukai menyita minuman keras, pakaian bekas, kayu, dan alat mainan seks (sex toys), airsoft gun, dan anak panah. Total biaya keseluruhan barang ilegal yang disita senilai 39 milliar. Rencananya, barang tersebut akan dimusnahkan sore ini di Kabupaten Maros, Sulsel. (Sym)

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini