Berkunjung ke Georgia Paus Fransiskus Singgung Okupasi Rusia

Emirald Julio, Okezone · Minggu 02 Oktober 2016 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 02 18 1503916 berkunjung-ke-georgia-paus-fransiskus-singgung-okupasi-rusia-V23qIio783.jpg Paus Fransiskus mengatakan, semua negara harus menghormati kedaulatan negara lain (Foto: Getty Image)

TBILISI – Pada kunjungannya ke Georgia, Paus Fransiskus meminta semua negara di dunia untuk menghargai kedaulatan masing-masing negara. Banyak pihak yang menganggap hal ini ditujukan kepada Rusia yang menurunkan tentaranya di dua provinsi Georgia yang pro-Negeri Beruang Merah.

Dilaporkan, sang Sri Paus tidak menyebut nama Rusia langsung karena tidak ingin menyinggung pihak Gereja Ortodoks. Sebab saat ini hubungan antara Vatikan dan Gereja Ortodoks Rusia sudah membaik.

“(Negara-negara) tidak boleh mengesampingkan rasa hormat terhadap hak kedaluatan setiap negara yang berada di dalam kerangka kerja hukum internasional,” sebut Paus Fransiskus pada upacara penyambutannya di Georgia, sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (2/10/2016).

Apa yang disampaikan oleh sang Sri Paus disambut baik oleh Presiden Georgia Giorgi Margvelashvili. Ia mengatakan, semua orang memiliki hasrat yang kuat untuk hidup bersama dengan damai. Namun, ia menegaskan, hal itu sulit dilakukan dengan kehadiran dari negara tetangga yang mengokupasi wilayahnya.

Georgia menuduh Rusia menjalankan “okupasi diam-diam” di Abkhazia dan Ossetia Selatan. Namun, Negeri Beruang Merah menjelaskan dua wilayah itu merupakan negara yang merdeka jadi tidak bisa menjadi bagian dari wilayah kedaulatan dari Georgia.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini