Puluhan Ribu Warga Riau Pilih Berobat ke Malaysia

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2016 19:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 02 340 1504266 puluhan-ribu-warga-riau-pilih-berobat-ke-malaysia-2Ytp5J8155.jpg Ilustrasi Okezone

PEKANBARU – Puluhan ribu warga Riau memilih berobat ke negeri Jiran Malaysia. Meski saat ini sudah dibangun rumah sakit besar di Ibu Kota Riau, Pekanbaru, namun tetap saja warga tidak percaya dengan tenaga medis maupun pelayanan rumah sakit dalam negeri.

"Dari catatan kita, setiap hari 250 orang berangkat ke Malaysia. Dari jumlah itu sekitar 100 sampai 150 orang berangkat untuk berobat di Malaka," kata Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman saat menghadiri peresmian salah satu RS di Pekanbaru, Minggu (2/10/2016).

Dengan demikian, setidaknya ada sekira 3000 sampai 4500 orang warga Riau menghabiskan uang ke Malaysia hanya untuk berobat. Jika dikalikan satu tahun berarti ada sekitar`54.000 berobat ke luar negeri.

"Jika dikalikan saja perorang Rp10 juta, sudah ratusan miliar warga Riau menghabiskan uangnya untuk berobat ke luar negeri,"ucap Andi, sebutan akrab Gubernur Riau.

Untuk itu, dia meminta seluruh pelaksana RS di Riau, untuk mengevaluasi tentang apa yang menjadi kekurangan dari pelayanan medis di Pekanbaru, Riau.

Data puluhan ribu yang berhasil dihimpun Gubernur, belum termasuk data warga Riau yang berobat ke Singapura. "Yang kita hitung itu baru yang berobat ke Malaka saja dengan pesawat, belum lagi ada warga berobat pakai kapal. Selain itu yang berobat ke Singapura juga tidak sedikit," tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyatakan, saat ini di wilayahnya sudah ada 30 rumah sakit yang beridir dan difungsikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pekanbaru.

"Kita punya rumah sakit yang sebagian memiliki falisitas lengkap dan tenaga medis yang memadai. Tapi memang harus ada pembenahan terutama pelayanan,"ucapnya.

Sekadar diketahui, Provinsi Riau merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Penghubung kedua negeri jiran dengan Riau adalah Selat Malaka.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini