PM Inggris: Negosiasi Brexit Dimulai Tahun Depan

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 03 Oktober 2016 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 03 18 1504984 pm-inggris-negosiasi-brexit-dimulai-tahun-depan-Vd2u4Cazp7.jpg PM Inggris Theresa May. (Foto: Reuters)

LONDON – Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May mengatakan negaranya akan memulai negosiasi resmi untuk keluar dari Uni Eropa (UE) pada Maret 2017. Mengacu pada jangka waktu dimulainya negosiasi tersebut, maka diperkirakan Inggris akan sepenuhnya keluar dari UE pada musim panas 2019.

“Kita akan menjadi negara yang merdeka secara penuh, berdaulat, negara yang tidak lagi menjadi bagian dari persatuan politik dengan institusi supranasional yang dapat mengacuhkan parlemen dan pengadilan,” kata May sebagaimana dilansir BBC, Senin (3/10/2016).

Berbicara di depan peserta konferensi Partai Konservatif Inggris, PM May mengatakan dengan keluarnya Inggris dari UE, maka negara itu akan kembali memiliki kebebasan untuk membuat keputusan sendiri, termasuk dalam hal kontrol imigran. Dia menambahkan, pemerintah Inggris berniat melakukan negosiasi sebaik mungkin sehingga transisi Inggris keluar dari blok ekonomi dan politik Eropa itu akan berlangsung mulus.

Proses keluarnya satu negara dari keanggotaan UE diatur dalam Artikel 50 Piagam Lisbon yang menjadi undang-undang dasar UE. Dalam Artikel 50 disebutkan bahwa “setiap negara anggota dapat memutuskan menarik diri dari uni sesuai dengan persyaratan konstitusinya sendiri”. Pasal inilah yang mendorong digelarnya referendum untuk menentukan keanggotaan Inggris dalam UE pada Juni lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini