Permohonan Paspor Irlandia dari Warga Inggris Melonjak sejak Brexit

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 06 Oktober 2016 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 06 18 1507334 permohonan-paspor-irlandia-dari-warga-inggris-melonjak-sejak-brexit-FU6vvTTpSn.jpg Ilustrasi (Foto: Neil Hall/Reuters)

DUBLIN – Efek keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa (UE) yang lazim disebut Brexit, dirasakan oleh tetangga mereka, Irlandia. Jumlah pengajuan paspor Irlandia dari warga Inggris meningkat hingga dua kali lipat sejak referendum Uni Eropa pada Juni 2016.

Semua orang yang lahir di Republik Irlandia atau Irlandia Utara, atau memiliki keturunan dari kedua negara itu, berhak memiliki paspor Irlandia. Sedikitnya enam juta warga Inggris memenuhi syarat tersebut. Mereka juga diperkenankan memegang dua kewarganegaraan.

Seperti dimuat Reuters, Kamis (6/10/2016), otoritas Irlandia mulai kehabisan formulir pengajuan paspor. Data menunjukkan, sebanyak 21.500 warga Inggris mengajukan aplikasi permohonan paspor Irlandia sejak Juli 2016. Sebagai perbandingan, jumlah pengajuan paspor tercatat hanya berada di bawah 11.000 orang dalam periode yang sama pada 2015.

Warga Inggris diyakini berusaha mempertahankan status kewarganegaraan UE lewat paspor dari negara-negara tetangga mereka. Kementerian Luar Negeri Irlandia menyebut, terjadi peningkatan 120 persen permohonan paspor setiap bulannya sepanjang tahun fiskal (Oktober-September).

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 52 persen warga di ratusan wilayah Inggris, baik di Irlandia, Skotlandia, dan Wales, menginginkan keluar dari Uni Eropa. Perdana Menteri Inggris Theresa May menghendaki Inggris keluar dari Uni Eropa secepatnya pada Maret 2017.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini