nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah di Luar Negeri, Nasionalisme Semakin Meningkat

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2016 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 07 65 1508780 kuliah-di-luar-negeri-nasionalisme-semakin-meningkat-gtU5ppwX9w.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Mengejar ilmu sampai keluar negeri tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, kamu harus meninggalkan keluarga, kerabat bahkan negara untuk mengejar impianmu tersebut.

Alumni University of Minnesota, Gina Aprilita Sari menuturkan selama kuliah di Amerika Serikat kecintaannya pada Indonesia justru semakin bertambah.

"Saat kuliah di luar negeri, saya menjadi lebih menghargai apa yang tidak ada di sana," ungkapnya di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Gina, kuliah di Amerika Serikat membuatnya rindu akan semua yang ada di Indonesia. "Jadi menumbuhkan nasionalisme juga. Kangen sama apa yang ada di sini, kangen sama Jakarta, kangen sama rumah," ujarnya.

Wanita yang berprofesi sebagai lawyer ini menyelesaikan studinya di Amerika Serikat pada 2015 melalui beasiswa LPDP. Gina menambahkan ada hal terpenting yang perlu diperhatikan jika ingin mendaftar kuliah di luar negeri seperti Amerika Serikat.

"Dari essay-nya yang paling penting. Karena kan mereka ingin melihat apa ilmu yang kita pelajari di sana bisa membuat kita berkontribusi dengan negara kita. Serta dampaknya apa buat negara kita," tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini