nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Aryani Tinggalkan Timtim dan Mendapat Rp10 Juta dari Indonesia

Raiza Andini, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2016 10:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 09 340 1509992 cerita-aryani-tinggalkan-timtim-dan-mendapat-rp10-juta-dari-indonesia-0alsZLofB9.jpg Ilustrasi (Okezone)

BALI - Aryani (38) bercerita tentang pilunya meninggalkan tempat masa kecilnya di Timor Timur (Timtim) yang kini telah merdeka menjadi Timor Leste usai memisahkan diri dari Indonesia. "Saya besar di Timtim," ujarnya kepada Okezone.

Sekira 1999 situasi politik di sana memanas. Keamanan pun tak terjamin karena Timtim ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Kemudian Pemerintah Indonesia memberikan pilihan bagi warga, apakah memilih menjadi warga Timor Leste atau tetap jadi WNI dengan pindah ke Indonesia seperti ke Bali, Semarang, dan lainnya.

Dan Aryani menjadi salah satu dari sekian banyak yang memilih WNI. Ia pindah ke Bali dan sudah menetap. "Saya lupa kapan persisnya pindah ke Bali," tuturnya.

Selama tinggal di Bali, ia hanya beberapa kali mendapat dana kompensasi. "Itu pun hanya Rp250 ribu sekali terima," paparnya.

Padahal, Aryani sudah meninggalkan rumah dan sawah di Timtim. Namun hari ini, Minggu (9/10/2016), ia tak tahu bakal mendapat kompensasi Rp10 juta. "Masa sih dapat Rp10 juta?" paparnya.

Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hidmat mengatakan, pihaknya memang mengucurkan dana Rp10 juta untuk masing-masing eks Timtim di Gianyar. Total anggaran sebesar Rp2,1 miliar disiapkan untuk ribuan eks Timtim di Gianyar, Bali.

Menurutnya, pemberian dana ini membuktikan perhatian pemerintah untuk warga eks Timtim. "Ini komitmen pemerintah," pungkasnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini