nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Uang, Warga Eks Timor Leste Minta Kenaikan Pangkat

Raiza Andini, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2016 14:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 09 340 1510071 selain-uang-warga-eks-timor-leste-minta-kenaikan-pangkat-tht92Qj1jy.jpg Ilustrasi (Okezone)

BALI - Tak sedikit jumlah eks warga Timor Leste (dulu Timor Timur atau Timtim) yang tersebar di Indonesia. Untuk di wilayah Bali tercatat 1.663 kepala keluarga (KK), dengan 210 berada di Kabupaten Gianyar, ratusan di Denpasar Timur, dan daerah lainnya di Pulau Dewata.

Gusti Ngurah Gede, salah satu mantan prajurit ABRI yang berjuang menyelamatkan warga Indonesia di Timor Leste mengucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia lantaran telah memberikan dana kompensasi senilai Rp10 juta melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Namun, Gede merasa uang saja baginya tak cukup lantaran bakalan habis dalam hitungan bulan. Dia hanya meminta pemerintah bisa menaikkan pangkatnya karena telah berjasa menyelamatkan warga Indonesia saat terjadinya konflik di Timor Leste.

"Saya dulu di sana masih bujang. Berjuang dengan ABRI menyelamatkan WNI ke perbatasan Atambua, itu taruhannya nyawa. Uang ini tidak seberapa kalau bisa naik pangkat," terang Gede kepada Okezone di Balai Budaya Gianyar, Bali, Minggu (9/10/2016).

Saat ini Gede masuk dalam jajaran aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dengan pangkat Aiptu. Sehari-hari Gede bertugas di Polres Gianyar.

Dia mengaku memiliki rumah di Timor Leste yang saat ini terbengkalai dan tidak tahu lagi rumah BTN tersebut dijadikan apa oleh pemerintah Timor Leste.

Meski sudah pasrah dengan asetnya yang tidak kembali, dia berharap pemerintah dapat memberikan penghargaan kepadanya dan beberapa rekannya yang berjuang untuk NKRI.

"Ya punya rumah di sana di pusat kota. Entah sekarang kondisinya seperti apa. Saya dulu berjuang demi Indonesia, saya berharap pemerintah bisa menaikan pangkat," tuturnya.

Sementara Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hidmat mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran lebih dari Rp16 milliar untuk diluncurkan ke warga eks Timtim. Dia berharap uang itu bisa membantu.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini