Share

Tak Punya Izin Praktik, Dokter Gigi Ditangkap saat Tangani Pasien

Sigit Dzakwan, Sindo TV · Kamis 13 Oktober 2016 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 13 340 1513601 tak-punya-izin-praktik-dokter-gigi-ditangkap-saat-tangani-pasien-kX1AbFNf0j.jpg Ilustrasi (Okezone)

KATINGAN – Seorang dokter gigi yang diketahui berpraktik secara ilegal di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, ditangkap anggota kepolisian. Ia diamankan di Losmen Citra Katingan pada Rabu 12 Oktober 2016, sekira pukul 16.00 WIB.

Dokter gigi bernama Puriwati (50) tersebut merupakan warga Jalan Metro Jaya I Nomor 17 RT 04 RW 07, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung Kota, Jakarta Timur. Identitas itu sesuai KTP yang ia bawa.

Polisi mendapat laporan dari warga bahwa ada aktivitas ilegal seorang dokter di losmen tersebut.

Kapolsek Katingan Hilir Ipda Setyo Sidik Pramono mengatakan bahwa pihaknya mendatangi losmen itu dan menemukan pelaku sedang praktik dengan dua pasiennya yakni Normalia dan Kadariansyah.

"Saat kita tanya izin praktiknya, ia tidak bisa menunjukkan," ujarnya, Kamis (13/10/2016).

Adapun barang bukti yang diamankan yakni satu boks isi alat pemeriksaan gigi, jarum suntik dan obat, satu tas besar warna krem corak yang berisi alat bor gigi serta kompresor.

"Pelaku kita jerat Pasal 77 dan Pasal 78 juncto Pasal 73 Ayat (1) dan (2) Undang-Undang RI Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Ancaman maksimal tiga tahun penjara," lanjut Setyo.

Saat ditanya, Puriwati mengaku sebagai dokter gigi sungguhan. Ia sengaja datang ke Katingan karena ada sejumlah pasien langganannya.

"Saya dokter sungguhan, bukan gadungan. Ya, saya salah karena tidak ada izin praktik di sini," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini