nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Adaptasi Penting jika Kerja Tak Sesuai Jurusan Kuliah

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2016 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 13 65 1513462 adaptasi-penting-jika-kerja-tak-sesuai-jurusan-kuliah-HCFZ7CWbXf.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Bekerja di bidang yang jauh dari jurusan kuliah belakangan kerap dialami oleh fresh graduate. Salah satu penyebabnya, sulit untuk menemukan pekerjaan yang pas dengan bidang keahliannya. Mereka lalu melamar ke berbagai perusahaan dan posisi tanpa melihat latar belakang pendidikannya.

Fresh graduate bernama Gina menceritakan, pekerjaan pertama yang sedang dijalaninya saat ini sama sekali tak berhubungan dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. Lulusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) itu kini bekerja menjadi admin regulatory di sebuah perusahaan satelit di Jakarta.

"Aku merasa tersesat kerja di sini. Tapi namanya fresh graduate dan lagi cari kerja jadi aku coba dulu sambil cari pengalaman," tuturnya kepada Okezone, belum lama ini.

Belajar komunikasi dan pengembangan masyarakat, Gina berpikir setelah lulus bisa bekerja di corporate social responsibility (CSR) suatu perusahaan ternama. Namun nasib berkata lain. Dia justru harus beradaptasi di perusahaan tempatnya bekerja sekarang.

"Adaptasi penting. Pertama mau belajar. Di awal itu aku diajarin mulai dari dijelaskan perusahaan ini bergerak di bidang apa sampai melakukan pekerjaan, seperti membuat file dokumen, follow up orang, kerjasama dengan divisi lain, dan masih banyak lagi," kenangnya.

Cewek berhijab ini mengaku, beruntung memiliki senior dan rekan kerja yang sabar dan mau mengajari setiap detail pekerjaan di kantornya. Alih-alih menyesal, Gina sekarang mulai nyaman dan menikmati pekerjaan barunya.

"Malah senang bisa bekerja di bidang yang baru, dapat ilmu baru, bahkan dapat pengalaman kerja kantoran dan bisa kerjasama dengan lembaga sekelas Kominfo," terangnya.

Bagi Gina, ilmu komunikasi yang dikuasainya menjadi modal dan satu-satunya kemampuan yang sangat berguna bagi pekerjaannya saat ini. Sebab, selain berguna untuk beriteraksi, dia pun jadi gampang beradaptasi dan punya banyak teman.

"Ilmu komunikasinya berguna, kok. Membantu saat disuruh kerjasama atau berinteraksi dengan orang baru," tukasya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini