nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Topeng Duterte Laku Keras Jelang Halloween di Filipina

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2016 21:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 14 18 1515246 topeng-duterte-laku-keras-jelang-halloween-di-filipina-sVYJeHoaY7.jpg Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Foto: Reuters)

MANILA - Seorang profesor seni Filipina memperoleh keuntungan besar dari popularitas Presiden Rodrigo Duterte. Menjelang perayaan Halloween, dia membuat topeng orang nomor satu di negaranya dan menjualnya.

John Tan mengatakan topeng Duterte terjual lebih cepat dari topeng-topeng Halloween terlaris yang pernah dijualnya. Sebelum ini, dia pernah menjual topeng petinju Filipina Manny Pacquiao dan topeng karakter Game of Thrones Tyrion Lannister.

"Melihat popularitas presiden, tidak masalah jika Anda mendukung atau menentang dia. Intinya, dia terkenal dan Anda tidak bisa tidak bicara tentang dia," kata Tan, yang mengatakan dia adalah pendukung Duterte, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (14/10/2016).

Jajak pendapat menunjukkan Duterte tetap sangat tenar setelah ia dilantik pada 30 Juni. Akan tetapi, kiprahnya sebagai presiden menuai kecaman dari PBB dan Amerika Serikat (AS) karena telah meluncurkan perang melawan narkoba yang menewaskan hampir 2.300 orang.

Tan telah menjual lebih dari 400 topeng, yang menampilkan wajah tegas Presiden Duterte, dengan harga 700 peso atau Rp188 ribu per topengnya pada pekan pertama penjualan. Dia berharap dapat membuat 800 topeng sebelum Halloween datang, yakni pada 31 Oktober.

Selain menjadi penjual topeng, lulusan teknik industri itu mengajar seni di Universitas Filipina di Manila. Sehari-hari, dia menggunakan mesin cetak khusus untuk memproduksi topeng. Lalu menghabiskan satu jam untuk melukisnya satu per satu dengan tangan.

Dia telah membuat topeng selama lima tahun terakhir. Pada 2011, Tan berhasil menjual 1.500 topeng juara tinju dunia Pacquiao yang juga merupakan pendukung Duterte. (FIK)

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini