nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Rumah Terancam Roboh Akibat Abrasi Sungai Sindu Praja

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2016 12:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 14 525 1514601 tiga-rumah-terancam-roboh-akibat-abrasi-sungai-sindu-praja-mgly5XO2UG.jpg Ilustrasi

MAJALENGKA - Sebanyak tiga rumah di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, mengalami terancam roboh akibat abrasi sungai Sindu Praja.

Ketiga rumah tersebut di antaranya milik Siti Komariah (29). Kerusakan rumah Siti Komariah tergolong berat. Seluruh dinding ruangan mengalami keretakan dan pemilik untuk sementara mengungsi ke rumah mertuanya.

Kemudian rumah milik Toto (35) mengalami rusak ringan, berupa retak pada dinding sebelah kanan. Selanjutnya adalah rumah milik Opendi (55), mengalami tusak retak pada bagian dinding dan lantai gudang amblas.

Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto mengatakan, retakan di sejumlah rumah warga tersebut mulai terlihat pada 8 Oktober 2016. Retakan tersebut terjadi pada bagian dinding yang bermula dari retakan kecil hingga kini retakan dinding tersebut semakin membesar.

"Karena para pemilik rumah khawatir dan takut akhirnya mereka memilih mengungsi ke tempat keluarganya yang lebih aman, pasalnya rumah yang mereka tempati sewaktu-waktu bisa terjadi ambruk," ungkapnya, Kamis (13/10/2016).

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat desa setempat agar melakukan upaya untuk menanggulangi dampak dari abrasi tersebut yang ditakutkan bisa mengancam rumah warga lainnya yang tidak jauh dari lokasi abrasi.

"Dan bagi warga yang rumahnya mengalami hal yang sama segera melaporkannya kepada pihak pemerintah desa dan jika dirasa tidak aman bisa memilih mengungsi ke rumah keluarga atau tetangga yang lebih aman," terangnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini