KPU Persilakan Timses Pasangan Calon Buat Alat Peraga hingga 100%

Iqbal Multatuli, Okezone · Senin 17 Oktober 2016 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 17 340 1516648 kpu-persilakan-timses-pasangan-calon-buat-alat-peraga-hingga-100-1UjekpplJf.jpg Ilustrasi (Okezone)

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten memperbolehkan tim sukses (timses) pasangan calon untuk membuat bahan kampanye melebihi alat peraga yang dibuat oleh KPU hingga 100 persen.

Hal itu merupakan salah satu dari lima poin peraturan baru yang dibuat oleh KPU untuk mengatur proses kampanye yang akan dimulai pada 28 Oktober.

"Tim sukses boleh membuat bahan kampanye. Bahan kampanye itu baliho, pamflet, selebaran. Itu boleh dibikin oleh pasangan calon itu maksimal 100 persen dari yang dibuat oleh KPU," kata Ketua Pokja Pencalonan KPUD Banten Syaeful Bahri, Senin (17/10/2016).

Berbeda dengan apa yang diperbolehkan kepada timses, KPU juga mempersilakan kepada pasangan calon untuk membuat alat peraga kampanye melebihi apa yang dibuat oleh KPU hingga 150 persen.

"Pasangan calon boleh membuat alat peraga kampanye jumlahnya 150 persen dari yang dibuat oleh KPU sesuai dengan undang-undang," imbuhnya.

Dalam undang-undang, lanjut Syaeful, pasangan calon diperbolehkan membuat baliho dengan jumlah maksimal lima buah per kabupaten atau kota.

"Baliho itu sebanyak-banyaknya lima buah per kabupaten atau kota, per pasangan calon," tuturnya.

Sementara itu, untuk alat peraga kampanye lainnya seperti umbul-umbul dan spanduk, setiap tim sukses maupun pasangan calon hanya diperbolehkan membuat 50 buah per kecamatan.

Artinya, kata dia, di setiap kecamatan nantinya akan terpasang 100 umbul-umbul dari kedua pasangan calon pada masa kampanye Pilgub Banten 2017.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini