Image

Hasil Riset, Belimbing Cocok Jadi Bahan Baku Kosmetik

Foto: Stylecrase

Foto: Stylecrase

DEPOK - Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Buah ini rupanya cocok menjadi bahan baku kosmetik.

Penelitian dilakukan oleh akademisi Universitas Indonesia (UI). Inventor dan Dekan Fakultas Farmasi UI Mahdi Zufri mengembangkan riset ini selama 2 tahun.

UI yang berada di kota Depok memanfaatkan ikon kota sebagai produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya bersama Pemerintah Kota dan para peneliti mengembangkan belimbing menjadi kosmetik.

"Kami putuskan formulasi dengan kemampuan kami. Jadi berbagai produk kerjasama bagaimana hilirisasi tercipta. Kami sambut keinginan Pak Menteri M Nasir bagaimana kampus bisa bermanfaat untuk masyarakat," jelas Mahdi di Perpustakaan Apung UI, Selasa (18/10/2016).

Mahdi menjelaskan, nantinya masyarakat Depok atau di luar Depok dapat membeli kosmetik tersebut yang jauh lebih alami. Untuk menjadi industri kosmetik, pihaknya menggandeng sebuah perusahaan untuk memasarkan produk tersebut menjadi lebih luas lagi.

"Sudah dapat dibeli di pasar modern di Tangerang Serpong dan Depok tentunya. Kandungan belimbing vitamin C dapat menjadi penangkal radikal bebas bagi kulit," jelasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo