nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Keping Uang Kuno Ditemukan di Halaman Rumah Warga

Markus Yuwono (Sindo Radio), Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2016 16:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 21 510 1521143 ribuan-keping-uang-kuno-ditemukan-di-halaman-rumah-warga-tdTAsWDjEY.jpg Uang kuno (Markus Yuwono/Sindo Radio)

YOGYAKARTA - Ribuan uang kuno jenis logam yang diduga peninggalan abad ke-12 ditemukan di pekarangan rumah milik warga bernama Saridi (45), di Dusun Gedad, Banyusoca, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Koin yang memiliki lubang di tengahnya itu terdapat huruf china di bagian sampingnya. Diduga, uang kuno itu berasal dari zaman kerajaan Majapahit.

Menurut pengakuan pemilik rumah, Saridi, uang itu ditemukan sekira dua minggu yang lalu saat ia hendak membersihkan rumput di pekarangan rumahnya. Ketika tengah mencangkul tanah, ia mendapati ribuan uang kuno yang memiliki berat sekira 13,5 Kilogram (Kg) tersebut.

"Setelah mengetahui ada beberapa keping logam tersebut, anak-anak di sekitar lokasi lantas mencari kembali dan menemukan beberapa," kata Kanit Reskrim Polsek Playen, Iptu Teguh Priyo, Jumat (21/10/2016).

Setelah uang kuno tersebut ditemukan cukup banyak, warga melaporkan ke pihak kepolisian dan ditindaklanjuti petugas dengan mengamankan ribuan koin tersebut di Mapolsek.

Teguh menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul terkait penemuan uang kuno tersebut.

Terpisah, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul, Ristu Raharja mengaku, belum mendapatkan informasi terkait temuan tersebut. Meski demikian, pihaknya akan melakukan kajian mendalam. "Kami akan turun ke lokasi dan melibatkan petugas BPCB Yogyakarta," imbuhnya.  

Diakuinya, wilayah Playen memang terdapat banyak peninggalan purbakala seperti candi dan situs purbakala masa Megalitikum.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini