Share

Usut Banjir Garut, Hari Ini Penyidik Periksa Saksi Ahli

CDB Yudistira, Okezone · Jum'at 21 Oktober 2016 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 525 1520700 penyidik-hari-ini-periksa-saksi-ahli-usut-banjir-garut-v6MHylqVjP.jpg Kondisi pascabanjir bandang Garut (Antara)

BANDUNG – Dit Reskrimsus Polda Jawa Barat (Jabar) hingga kini masih terus memeriksa kasus dugaan tindak pidana yang menyebabkan rusaknya hulu daerah aliran sungai Cimanuk, yang berdampak terjadinya bencana banjir bandang di Kabupaten Garut.

"Masih berjalan (pemeriksaan). Dari tiga tim yang dibuat, total sudah ada 67 saksi diperiksa," kata Wadirkrimsus, yang juga Kepala Tim Sus Investigasi Banjir Garut, AKBP Diki Budiman, kepada wartawan, Jumat (21/10/2016).

Diki menambahkan, hari ini  rencananya penyidik akan kembali memeriksa tiga orang saksi ahli untuk melengkapi dan menguatkan berkas pemeriksaan. Saksi-saksi ahli itu dari Lingkungan Hidup, Pidana, dan Tata ruang.

Ditanya apakah sudah ditetapkan tersangka, Diki mengaku, hal itu masih perlu didalami. Pihaknya terus mengumpulkan alat bukti dan pemeriksaan atas dugaan pelanggaran perusakan alam, undang-undang lingkungan hidup, dan korupsi.

Sementara, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, pengungkapan kasus kejahatan lingkungan di Kabupaten Garut akan dilihat dari empat aspek, mulai dari perizinan hingga dugaan TPPU dan korupsi.

"Untuk kasus Garut itu sangat global, kita telusuri dari berbagai sisi, mulai proses perizinan, pembukaan lahan, kelengkapan administrasi hingga dugaan adanya TPPU (pencucian uang) dan korupsi," papar Yusri.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini