Banten Daerah Rawan Pilkada, Mendagri Ingatkan Plt Gubernur

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 26 Oktober 2016 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 26 340 1525114 banten-daerah-rawan-pilkada-mendagri-ingatkan-plt-gubernur-Kj3aNsXHw2.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Heru Haryono/Okezone)
 

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo,‎ mengingatkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Nata Irawan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah administrasinya menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak pada Februari 2017.

Hal itu perlu dilakukan karena Kemendagri telah mendapat informasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Badan Intelijen Negara (BIN) bahwa Pemprov Banten merupakan salah satu daerah rawan pelaksanaan pilkada.

"‎Banten merujuk indeks pilkada dengan Bawaslu dan intelijen, Pemprov Banten sebagai daerah rawan pilkada kategori dengan yang tertinggi, termasuk juga DKI," ‎kata Tjahjo saat penunjukan Plt Gubernur‎ di Kemendagri, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

"Sehingga peran Bawaslu yang ada di provinsi dan Bawaslu dengan yang terkait dengan amanat UU harus bisa dapat melaksanakan secara adil dalam setiap tahapan pilkada dengan baik," imbuhnya.

‎Pemerintah melalui Kemendagri, lanjut Tjahjo, sangat optimis dapat menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017 dengan baik. Dengan melaksanakan seluruh aturan yang berlaku, diyakininya Pilkada Serentak akan berjalan dengan baik hingga pada persiapan pemilihan legeslatif (pileg) dan pilpres mendatang.

"‎Pemerintah cukup optimis dan peran dari KPU itu sangat berpegang pada aturan yang ada. Seluruh penegak hukum termaksud kejaksaan dapat melaksanakan aturan agar berjalan dengan baik. Bahkan, untuk persiapan pileg dan pilpres hingga tahun 2024 dan memilih presiden dan wakil presiden," jelas Mendagri.

‎Tjahjo berharap, para Plt kepala daerah yang telah resmi ditunjuk dapat membangun komunikasi dengan seluruh satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang ada di pemerintahannya. Termasuk memastikan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"‎Selurut Plt dapat membangun kerja sama dengan DPRD setempat dan membangun komunikasi dengan jajaran pemerintahan yang dikomandoi dengan sekda, agar tata kelola dalam melayani masyarakat berjalan dengan baik," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini