nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Plt Gubernur Aceh, Ini Sosok Mayjen (Purn) Soedarmo

Rayful Mudassir, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 11:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 27 337 1525747 jadi-plt-gubernur-aceh-ini-sosok-mayjen-purn-soedarmo-OiLPw6Zuud.jpg Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo (foto Kemendagri.go.id/Okezone)

BANDA ACEH – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo menunjuk Mayjen Purnawirawan Soedarmo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh. Ia akan mengisi kekosongan jabatan kursi Aceh 1 setelah ditinggalkan Zaini Abdullah yang cuti maju di Pilkada 2017. Siapa sebenarnya Soedarmo?

Pria kelahiran Tulung Agung 28 September 1956 itu merupakan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebelumnya, ia malang melintang di dunia intelijen.

Data dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, Soedarmo pernah berdinas di Pusat Intelijen Angkatan Darat (Pusintelad), sebelum menjadi pejabat Badan Intelijen Negara (BIN). di BIN, ia pernah menjadi Staf Ahli BIN dan Kepala BIN Daerah Kalimantan.

Soedarmo merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1983. Gatot Nurmantyo, Panglima TNI sekarang, adalah kakak kelasnya. Keduanya pernah bertugas di Dili, Timor Leste, sebelum negara itu merdeka dari Indonesia.  

Soedarmo pensiun dari militer dengan menyandang pangkat terakhir bintang dua alias mayor jenderal. Setelah malang melintang di dunia militer, intelijen, hingga pemerintahan, Soedarmo kini dipercaya menjadi kepala daerah sementara.

Siang ini, ia akan dilantik sebagai Plt Gubernur Aceh. Provinsi Serambi Makkah sedang menghadapi Pilkada 2017. Penunjukan Soedarmon diharapkan mampu menjaga stabilitas keamanan, politik, dan netralitas pemerintah di Aceh dalam nuansa pesta demokrasi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini