Share

Bentrok Pecah di Manokwari, 2 Warga Tewas Danramil Dibacok

Edy Siswanto, Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 340 1525648 bentrok-pecah-di-manokwari-2-warga-tewas-danramil-dibacok-G4ZPt64EFD.jpg Kerusuhan di Manokwari (Foto: Istimewa)

MANOKWARI - Bentrok warga di Jalan Yos Sudarso Kompleks Pasar Sanggeng Manokwari Papua Barat sekitar pukul 22.15 Wit pecah, dua warga dikabarkan meninggal dunia dan beberapa warga mengalami luka akibat senjata tajam, termasuk Danramil Manokwari Kota Mayor Inf Harsono dibacok warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat sekitar pukul 22.00 Wit, tiga orang warga membeli makanan di salah satu warung nasi kuning milik Masjidin (46) di depan Kantor Pos Sanggeng.

Ketiganya berdasarkan informasi tidak membayar nasi kuning yang telah dibeli tersebut, dan meninggalkan warung, namun selang beberapa lama sekitar pukul 22.10 Wit, dua warga kembali mendatangi warung, dan mengamuk dengan melempari etalase jualan warga dengan batu, hingga mengakibatkan etalase pecah. Selanjutnya warga melakukan pengejaran, terhadap dua orang tersebut hingga ke Jalan Percetakan.

Selanjutnya sekitar pukul 22.15 Wit, sekelompok warga mendatangi warung dan mengatakan jika anaknya telah tewas akibat di tusuk dan mencari pelaku. Selang beberapa waktu kemudian sekitar pukul 22.27 Wit, sekelompok masyarakat mendatangi warung nasi kuning tersebut dan mengamuk dengan melakukan pembakaran etalase yang digunakan untuk jualan nasi kuning di tengah Jalan Yos Sudarso.

Massa yang beringas kemudian membakar pos Polisi di area Pasar Tingkat Sanggeng, selanjutnya polisi berupaya menghalau warga dengan mengeluarkan tembakan ke udara untuk membubarkan massa, namun berdasarkan informasi massa semakin brutal, dan malah melalukan blokade di jalan Yos Sudarso.

Warga kelompok lain, sekitar 300 orang berkumpul dan mengantisipasi serangan kelompok warga, dengan memblokade di Jalan Trikora depan Kompleks Makassar, dan di depan Hotel Fajarom, dengan menggunakan kayu.

Informasi dihimpun, sekitar pukul 02.05 Wit dini hari, Brimob berhasil membuka palang, dan situasi aman terkendali.

Akibat dari kejadian tersebut didapatkan Mayor Inf Harsono (Danramil Manokwari Kota), dikabarkan mengalami luka bacok di kepala, Onis Ramayon (56) dikabarkan Meninggal Dunia akibat luka tembak di paha sebelah kanan, Tinus Urbinas (38) mengalami luka bacok di tangan sebelah kiri, Ericson (29) mengalami luka di rahang (rahang patah), Faska Sroyer (18) mengalami luka tembak di paha sebelah kanan, dab Vijau Pauspaus (20) meninggal Dunia akibat luka tusuk di punggung sebelah kanan.

Hingga saat ini aparat Kepolisian di bantu oleh TNI (Kodim 1703/Mkw dan Fasharkan TNI AL Manokwari) masih berjaga - jaga di sekitar wilayah Sanggeng Manokwari Papua Barat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini