nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Dapat Kartu Keluarga, Warga Jombang Rela Menginap

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 11:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 27 519 1525706 demi-mendapat-kartu-keluarga-warga-jombang-rela-menginap-t3fPtRNpGw.jpg

JOMBANG - Ratusan warga di Jombang, Jawa Timur, rela menginap hanya untuk mendapatkan kartu keluarga, Kamis (27/10/2016). Mereka bahkan saling berlomba meletakkan mapnya di antrean pertama.

Meski hari masih gelap dan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, belum lagi dibuka. Tetapi ratusan warga sudah antre di luar kantor untuk mengurus pembuatan kartu keluarga.

Warga sengaja mengantrekan mapnya karena khawatir kelelahan jika harus berdiri dan menunggu sampai kantor Dispendukcapil Jombang buka.

Siapa yang datang terlambat, mapnya akan diletakkan di barisan paling belakang dan berpotensi gagal atau tidak mendapat layanan. Sebab, per hari petugas membatasi layanan maksimal hanya untuk 100 orang.

Sambil menunggu pagi datang, sebagian warga tidur di berbagai tempat dengan kondisi ala kadarnya. Tak hanya warga dewasa, para balita pun terpaksa harus menginap di halaman kantor Dispendukcapil bersama dengan orangtuanya.

Dini, salah seorang warga ini mengaku, dirinya sudah lima kali antre untuk mengurus kartu keluarga bagi buah hatinya. Namun, karena kalah cepat dengan warga yang lain, Dini selalu gagal mendapatkan nomor antrean. Agar tidak gagal lagi, Dini nekat membawa bayinya datang dan menginap di kantor Dispendukcapil sejak pukul 02.00 WIB.

Warga berharap Dispendukcapil Kabupaten Jombang segera memperbaiki sistem layanan dan menambah jumlah pegawainya agar kuota warga yang bisa dilayani tidak hanya 100 orang per hari, tapi ditambah lebih banyak lagi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini