Dosen Unsoed Kenalkan Konstruksi Rumah Tahan Gempa

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 28 Oktober 2016 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 65 1526188 dosen-unsoed-kenalkan-konstruksi-rumah-tahan-gempa-v0pj0R6ifV.jpg Rumah sehat dan tahan gempa. (Foto: Dok. Unsoed)

JAKARTA - Letak Indonesia di wilayah pertemuan lempeng menyebabkan rawan bencana gempa bumi. Bencana ini tak jarang menimbulkan beragam kerusakan, seperti kerusakan pada tempat tinggal.

Oleh sebab itu, rumah yang sehat dan aman menjadi kebutuhan masyarakat. Hal ini mendorong dua dosen Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), yakni Nanang Gunawan Wariyatno, ST, MT dan Gandjar Pamudji, ST, MT merancang konstruksi rumah tahan gempa.

"Sambungan pada tulangan harus dirancang dengan memadai, memperhatikan beban yang akan diterima, panjang penyaluran yang dibutuhkan, dan letak sambungan. Semuanya harus diperhitungan dengan seksama," papar Nanang disitat dari laman Unsoed, Jumat (28/10/2016).

Dia menjelaskan, untuk menghindari keruntuhan jika terjadi gempa, elemen dinding perlu diberikan pengakuran yang memadai. Tujuannya, supaya dinding menjadi satu kesatuan dengan elemen struktrur lainnya.

Sedangkan Gandjar mengungkapkan, untuk membuat rumah tinggal menjadi tahan gempa, perlu dipahami prinsip-prinsip dasar, seperti denah yang sederhana dan beraturan atau simetris, bahan bangunan harus seringan mungkin, dan perlunya sistim konstruksi penahan beban yang memadai.

"Supaya suatu bangunan dapat menahan gempa, gaya gempa harus dapat disalurkan dari tiap-tiap elemen struktur kepada struktur utama penahan gaya horizontal yang kemudian memindahkan gaya-gaya ini ke pondasi dan ke tanah," terangnya.

Ia juga menambahkan, rumah dikatakan sehat jika memenuhi persyaratan yang memadai untuk pencahayaan, penghawaan, suhu udara, dan kelembaban.

"Penempatan bukaan-bukaan, lubang angin, dan jendela yang tepat dapat menghemat pemakaian listrik yang biasa digunakan untuk kipas angin, pengkondisian udara, atau lampu, terutama pada siang hari," tandasnya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini