nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paus Fransiskus Setuju untuk Kunjungi Sudan Selatan

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 01:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 28 18 1526499 paus-fransiskus-setuju-untuk-kunjungi-sudan-selatan-cNcULSd8jP.jpg Foto Paus Fransiskus (Foto: AFP)

VATIKAN – Paus Fransiskus dilaporkan setuju untuk mengunjungi Sudan Selatan setelah menerima undangan dari para pemimpin negara di negara tersebut. Sudan Selatan selama ini memiliki reputasi buruk akibat kerap terjadinya konflik antar etnis serta akibat politik.

β€œIa (Paus Fransiskus) menerima undangan tersebut dan prinsipnya ia memang ingin datang ke sini,” ujar Pendeta Peter Gai Lual Marrow dari Gereja Presbyterian Sudan Selatan, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (28/10/2016).

Dilaporkan, undangan tersebut sebenarnya buntut dari pertemuan yang diadakan di Vatikan. Di mana pada pertemuan itu, Paus Fransiskus mengundang Marrow, Uskup Agung dari Kota Juba Paulino Lukud Loro dan Uskup Agung Episkopal Daniel Deng Bul Yak.

Pada pertemuan tersebut, Sri Paus meminta mereka untuk membahas keadaan dalam negeri di Sudan Selatan. Sudan Selatan yang merdeka pada 2011 berada dalam kondisi perang saudara pada 2013. Tepatnya ketika terjadi perpecahan antara Presiden Salava Kiir dan mantan deputinya, Riek Machar, konflik ini juga kerap meluas menjadi konflik etnik.

Walaupun sudah setuju untuk datang, Paus Fransiskus tetap membutuhkan undangan dari Pemerintah Selatan agar bisa secara resmi masuk negara tersebut. Mayoritas warga Sudan Selatan merupakan pemeluk Kristiani yang taat dan aliran kepercayaan animisme tradisional.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini