Filipina: Kapal China Telah Tinggalkan Wilayah Sengketa

Emirald Julio, Okezone · Sabtu 29 Oktober 2016 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 18 1527433 filipina-kapal-china-telah-tinggalkan-wilayah-sengketa-P2MDT2vOgZ.jpg Foto Scarborough Shoal di Laut China Selatan (Foto: Phillstar)

MANILA – Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan, kapal-kapal China telah meninggalkan Scarborough Shoal yang berada di wilayah sengketa Laut China Selatan. Dengan kepergian kapal-kapal China tersebut saat ini nelayan Filipina dalam kembali ke wilayah tersebut dengan aman.

Dilaporkan, ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh Filipina. Pasalnya untuk pertama kali dalam empat tahun ini, nelayan Filipina dapat masuk secara leluasa ke dangkalan tersebut.

Kepergian kapal-kapal coastguard Negeri Tirai Bambu tersebut merupakan buntut dari kunjungan Presiden Rodrigo Duterte ke Beijing. Pada kunjungannya itu Duterte dikabarkan meminta China untuk mengakhiri blokade mereka terhadap dangkalan tersebut yang disebut penuh dengan ikan.

“Semenjak tiga hari yang lalu tidak ada lagi kapal China, coastguard atau angkatan laut di area Scarborough,” ujar Lorenzana, sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (29/10/2016).

Namun, Lorenzana tidak memberikan detail perihal mengapa kapal China akhirnya meninggalkan dangkalan tersebut. Blokade di Scarborough Shoal yang berlokasi di Laut China Selatan merupakan salah satu penyebab Filipina mengajukan kasus sengketa teritorial terhadap China ke pengadilan arbitrase internasional di Den Hagude, Belanda, pada 2013.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini