nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Hanya Cerdas, Ini yang Harus Dimiliki oleh Seorang Rektor

Afriani Susanti , Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2016 12:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 29 65 1527648 bukan-hanya-cerdas-ini-yang-harus-dimiliki-oleh-seorang-rektor-piFd12bxSR.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Memegang jabatan tertinggi dalam sebuah perguruan tinggi sebagai rektor bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak tugas dan kepercayaan yang diberikan kepada mereka, agar bisa membawa perguruan tinggi yang dipimpinnya tersebut menjadi lebih baik.

Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek dan Kebudayaan Bappenas, Dr Amich Alhumami, menuturkan seharusnya seorang rektor memiliki kredibilitas tinggi.

"Menjadi rektor itu harus memiliki pribadi yang mulia. Mereka mulia karena memiliki pemahaman yang lebih dalam terhadap ilmu yang dimilikinya tersebut," ungkapnya dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Karena itu, seorang rektor dituntut tidak hanya memiliki akademik yang memadai namun juga karakteristika yang mulia. "Hal itu ditujukan agar tidak mencederai dunia pendidikan," imbuhnya.

Amich juga menjelaskan jika para rektor harus berasal dari orang-orang terdidik. "Sehingga mereka bisa memandu. Kita harus menjaga marwah tersebut supaya perguruan tinggi jangan sampai terkotori dengan praktik-praktik tercela," jelasnya.

Amich menambahkan proses politik dalam pemilihan rektor memang tidak dapat dihindari. "Tapi jangan sampai kita mengingkari prinsip-prinsip untuk menjadi rektor dengan kredibilitas yang tinggi," tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini