nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri: Brimob Bagian dari Hidup Saya

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2016 10:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 31 337 1528612 kapolri-brimob-bagian-dari-hidup-saya-jRpFJ8P8e1.jpg foto: Marieska/Okezone

DEPOK - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian memberikan arahan kepada 1.500 anggota Korps Brimob Kelapa Dua Depok menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2017. Ini kali pertama Tito memberikan pengarahan kepada anggota Brimob setelah 4 bulan dirinya dilantik sebagai Kapolri.

“Pusat kekuatan Brimob di sini. Bagi saya pribadi ini kesempatan penting untuk jalankan amanah sebagai pimpinan Polri. Selama hampir 4 bulan, baru berkesempatan hadir di tengah-tengah anggota Brimob,” kata Tito dalam sambutannya di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Senin (31/10/2016).

Bagi Tito, Brimob memiliki arti penting dalam Polri baik secara institusi maupun emosional. Ia menambahkan, Polri sejak tahun 1998 dibentuk menjadi kepolisian bersifat sipil namun tetap mempertahankan postur para militer kepada Korps Brimob. Menurutnya, negara ini membutuhkan kemampuan pemukul Korps.

“Dengan kejahatan intensitas tinggi. Bencana alam dalam hal rescue, lawan terorisme. Kepentingan kita back up kasus kejahatan mobilitas tinggi. Kemampuan menjinakan bahan peledak dan saat ini urgent butuh kemampuan khusus,” ungkapnya.

Secara emosional, Tito menceritakan banyak pengalaman dengan teman-teman Brimob di pendidikan dan lapangan. “Kami dua kali naik gunung, makan di ompreng bersama, lari melintasi gunung, sama-sama minum di sumber air yang sama. Sama-sama kita makan buah-buahan di tengah panasnya iklim, buah jambu monyet, dan lainnya. Brimob bagian dari hidup saya, bagian dari hati saya,” paparnya.

Belum lagi mengatasi masalah terorisme dan separatisme ke dalam hutan dan gunung. Kemampuan Brimob yang dibanggakan, kata Tito, menjadi pelopor gerilya dan menjadi tulang punggung utama permasalahan keamanan di lingkungan Polri.

“Sesuai motto Brimob, sekali tampil harus berhasil. Jika tak berhasil maka Polri tak berhasil. Ini beban dan kebanggaan harus diresapi dihayati teman-teman,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini