Ajang Kompetisi Robotik Tingkatkan Riset Siswa Madrasah

Iradhatie Wurinanda, · Senin 31 Oktober 2016 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 31 65 1528751 ajang-kompetisi-robotik-tingkatkan-riset-siswa-madrasah-KpdwzsqVHM.jpg (Foto: Iradhatie Wurinanda/Okezone)

JAKARTA - Kemajuan teknologi membuat bidang robotik kian digandrungi anak muda. Tak mau kalah dengan siswa di sekolah umum, ratusan siswa madrasah turut unjuk gigi dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016.

Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), Nur Kholis Setiawan mengatakan, ajang robotik nasional yang diikuti siswa madrasah, baik tingkat MI, MTs, dan MA menjadi bukti bahwa potensi mereka mampu diperhitungkan. Kendati demikian, hal itu tidak mengurangi ciri khas keislaman dalam pendidikan madrasah.

"Anak-anak punya potensi beragam. Jadi kami ingin pendidikan secara konprehensif. Tidak bisa hanya diukur dengan rapor dan olimpiade besar. Contohnya melalui kompetisi robotik ini," tuturnya usai membuka Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 di Mal of Indonesia (MOI), Jakarta, Senin (31/10/2016).

Minat yang tinggi terhadap robotik, ujar Nur Kholis, juga meningkatkan jiwa riset siswa madrasah, bahkan sejak dini. Oleh sebab itu, ke depan Kemenag akan terus memfasilitasi siswa madrasah guna memajukan kemampuan riset dan teknologi.

"Nanti di 2017 ada camping riset. Ini untuk mendorong siswa madrasah familiar dengan riset. Karena sekarang saja karya ilmiah mereka sudah diakui, bahkan menang di Washington DC. Ini luar biasa," sebutnya.

Pihaknya pun menjanjikan akan menambah dukungan pada fasilitas, serta anggaran dalam bidang sains dan teknologi. "Meningkatkan potensi di samping menjaga keislaman juga. Ciri khas keislaman tetap dijaga," pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini