nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda DIY Identifikasi Benda Diduga Bom Rakitan yang Lukai Kerbau

Markus Yuwono, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 01 510 1530089 polda-diy-identifikasi-benda-diduga-bom-rakitan-yang-lukai-kerbau-ckAnp2pJ1a.jpg Kerbau yang kena ledakan diduga bom rakitan di Yogyakarta. (Markus/Okezone).

YOGYAKARTA – Sebuah benda diduga bom rakitan meledak saat diinjak kerbau di sebuah lahan di Jalan Bakulan-Imogiri, tepatnya di Dusun Sumber, Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis, Bantul, Yogyakarta. Hal itu diketahui berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Tim Gegana Polda DIY.

"Kami belum bisa memastikan, tapi dimungkinkan memang bom rakitan. Tapi jenisnya apa, kami belum tahu," kata Direskrimum Polda DIY Kombes Frans Tjahyono saat meninjau lokasi, Selasa (1 /11/2016).

Ia menerangkan, Tim Gegana Polda DIY masih melakukan oleh TKP sehingga keterangan lebih lanjut belum bisa disampaikan. Namun berdasarkan keterangan para saksi, getaran terasa hingga radius sekira 50 meter dan suara ledakan terdengar sampai radius 1 kilometer.

"Apakah bom rakitan daya ledak tinggi atau tidak, benda-benda yang terdapat di dalam bom rakitan apa saja, semuanya masih dalam penyelidikan,” jelas dia.

Sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan mengapa bom tersebut dipasang di tempat yang jauh dari keramaian, bukan berada di lokasi objek vital. "Semua masih kita dalami. Kita baru menyelidiki bahan dan jenis bom. Motifnya kita belum tahu. Belum diketahui ada kesengajaan atau tidak," ujar Frans.

Akibat ledakan seekor kerbau mengalami luka-luka terkena serpihan dari benda tersebut. "Korbannya seekor kerbau dengan luka tertancap paku dan serpihan logam pada bagian perut dan kaki," ucapnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini