nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Massa Demo 4 November Bukan Ribuan atau Ratusan Ribu, Habib Rizieq: Jutaan Orang, Ustadz Udjae: 2,3 Juta Orang!

Ferio Pristiawan Ekananda, Jurnalis · Minggu 06 November 2016 08:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 06 337 1534139 soal-jumlah-massa-demo-4-november-habib-rizieq-jutaan-orang-ustadz-udjae-2-3-juta-orang-Wunbe0kmss.jpg

JAKARTA – Jutaan umat Islam berkumpul di Bundaran Patung Kuda hingga Medan Merdeka. Ring 1 yang dekat dengan Istana Merdeka itu jadi lautan manusia dengan satu tuntutan, menuntut agar penegak hukum memproses kasus dugaan penistaan agama Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Jumlah massa mencapai jutaan ini diamini oleh Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Menurutnya, jutaan massa aksi itu kecewa dengan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak mau bertemu dengan mereka.

Jumlah yang lebih spesifik lantas diucapkan oleh Ustadz Abdurrahman Djaelani. Menurutnya, ada 2,3 juta orang yang hadir saat aksi damai berlangsung.

"Perlu diketahui peserta aksi 4 November mencapai 2,3 juta orang!," kata pria yang biasa disapa Ustadz Udjae kepada Okezone, Minggu (6/11/2016).

Pada saat aksi 4 November, massa yang datang ke DKI Jakarta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka awalnya berkumpul di Masjid Istiqlal, barulah kemudian long march menuju Istana Negara untuk menyampaikan aspirasinya.

Aksi berlangsung tertib dan damai, bahkan dengan menjaga kebersihan. Namun diduga akibat adanya provokator, terjadi bentrokan antara pedemo dengan aparat keamanan. Gas air mata pun harus ditembakkan oleh polisi untuk mengantisipasi keadaan. (qlh)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini