nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Black Box Pesawat Kargo Caribou Akhirnya Ditemukan

Saldi Hermanto, Jurnalis · Senin 07 November 2016 13:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 07 340 1534869 black-box-pesawat-kargo-caribou-akhirnya-ditemukan-bi5lxoTACw.jpg Blackbox saat ditemukan petugas (foto: Saldi/Okezone)

TIMIKA - Setelah melakukan proses pencarian oleh tim gabungan sejak terjadinya kecelakaan pada 31 Oktober 2016, akhirnya black box milik pesawat kargo DHC-4T Turbo Caribou PK-SWW ditemukan, sekitar pukul 09.35 WIT.

Komandan Lanud Timika Letkol Pnb Agustinus Gogot Windardi menyatakan, proses pencarian black box milik pesawat kargo DHC-4T Turbo Caribou PK-SWW berhasil ditemukan, setelah tim yang berjumlah tujuh orang dan terdiri dari personil gabungan diterjunkan ke lokasi crash site, atau tempat kejadian perkara (TKP) dengan menggunakan helikopter Kamov.

Tim yang menuju crash site pesawat Caribou berada pada ketinggian 12.800 kaki perbatasan Jila-Ilaga, Papua, dan berhasil menemukan black box tepat pada pukul 09.35 WIT. Setelah ditemukan, black box kemudian dibawa menggunakan helikopter Kamov menuju Timika, Kabupaten Mimika, dan tiba pada pukul 10.00 WIT di Lanud Timika.

"Jadi kesimpulan yang kita peroleh tentunya adalah suatu keberhasilan besar di dalam nuansa kesedihan kita, karena kita kehilangan rekan kita. Namun disisi lain kita bersyukur bahwa kita seluruh tim secara bersama-sama bisa menemukan black box ini," jelas Letkol Winardi di Lanud Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (7/11/2016).

Setelah berhasil ditemukan, black box kemudian diserahkan kepada pihak KNKT, dalam hal ini kepada investator udara KNKT, Oni Soerja Wibowo, untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan terkait data-data yang ada pada black box tersebut di Jakarta.

"Kotak hitam yang sudah ditemukan ini, saya menyerahkannya kepada pak Oni selaku pihak KNKT," jelas Winardi.

Sementara itu, pihak KNKT turut menyampaikan bahwa setelah black box ditemukan dan diserahkan kepada pihak KNKT, selanjutnya KNKT akan melakukan pemeriksaan untuk mengungkap data percakapan dan lain sebagainya yang terdapat di dalam black box pesawat Caribou.

"Perlu diketahui bahwa black box ini merupakan bahan utama penyelidikan kami terkait dengan kecelakaan Caribou PK-SWW. Meskipun ada data yang lain yang perlu kita pelajari, tapi black box ini adalah data utama sehingga kami berkepentingan untuk mendapatkan black box ini," jelas Oni.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini