PILPRES AS: 1.000 Diaspora Amerika di Indonesia Berikan Suara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 08 November 2016 16:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 08 18 1536065 pilpres-as-1-000-diaspora-amerika-di-indonesia-berikan-suara-V7yKkpuWnd.jpg Ilustrasi: tempat pemungutan suara (TPS) Pilpres AS. (Foto: Getty Images/BBC)

JAKARTA – Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) 2016 telah dimulai. Warga Negeri Paman Sam berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menentukan pemimpin mereka pada periode 2016-2020.

Para diaspora Amerika juga tidak ketinggalan untuk menggunakan hak pilihnya dalam pilpres AS. Atase Pers Kedutaan Besar AS untuk Indonesia John Johnson menuturkan, lebih dari 45 juta warga yang tinggal di AS dan luar negeri telah memanfaatkan fasilitas voting awal (early voting) seperti halnya Presiden Barack Obama. Suara-suara tersebut dikirimkan melalui fasilitas pos.

"Kedutaan-Kedutaan AS menyediakan layanan pengiriman untuk warga Amerika di luar negeri yang ingin memberikan suara mereka dalam pilpres AS," ujar Johnson dalam pesan singkat kepada Okezone, Selasa (8/11/2016).

Warga AS di Indonesia juga tidak ketinggalan untuk menggunakan hak pilih mereka. Lebih dari 1.000 orang telah menggunakan hak suaranya dalam pilpres AS di Indonesia.

"Tahun ini kami mengumpulkan dan mengirimkan lebih dari 1.000 surat suara dari orang-orang Amerika di Indonesia," sambung Johnson.

Suara dari warga AS di luar negeri tersebut nantinya akan terhitung sebagai popular votes. Sebagaimana diketahui, sistem Pilpres AS menganut popular votes (suara dari warga) serta electoral votes. Suara warga yang tinggal di luar negeri dapat berperang penting. Menurut Johnson, sekira 3-8 juta warga AS tinggal di luar negeri.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini