nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PILPRES AS: Warga Latin Dapat Tebengan Gratis ke TPS

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Selasa 08 November 2016 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 08 18 1536145 pilpres-as-warga-latin-dapat-tebengan-gratis-ke-tps-19jwKtlUOx.jpg Ilustrasi: NewsX

WASHINGTON - Seperti umumnya pesta demokrasi, panitia pemilihan presiden Amerika Serikat (pilpres AS) juga mengerahkan segala upaya agar tingkat partisipasi masyarakat tinggi. Salah satunya, menyediakan transportasi gratis ke tempat pemungutan suara (TPS) bagi warga Latin.

Segenap warga Amerika sendiri akan memilih Donald Trump atau Hillary Clinton sebagai presiden AS pengganti Barack Obama. Sedikitnya 42 juta warga AS telah memilih lebih awal (early vote). Trik kampanye terbaru yang menyediakan tebengan cuma-cuma ke TPS pun diharapkan dapat mendongkrak jumlah pemilih langsung dalam pilpres AS 2016.

Disitat dari NewsX dan USA Today, Selasa (8/11/2016), kampaye transportasi gratis ke TPS ini diinisiasi organisasi Voto Latino, Rock the Vote dan situs berita online Mitu. Kampanye-kampanye Voto Latino mendorong kaum Hispanik untuk menggunakan hak suara dalam pilpres AS 2016. Kampanye yang lebih terfokus dari Rock the Vote mengajak anak muda Latin turut memilih pemimpin. Sedangkan Mitu, memiliki target pembaca anak muda Latin.

Tentu saja, kampanye ketiga organisasi itu didukung oleh perusahaan transportasi online. Jika pemilih dalam pilpres AS ingin memanfaatkan fasilitas tebengan cuma-cuma ini, maka mereka cukup memesan kendaraan dengan pesan "Go Vote" ke nomor tertentu.

Fasilitas transportasi gratis ke TPS pilpres AS tersebut dapat digunakan di berbagai kota dan negara bagian seperti Pennsylvania, Ohio, North Carolina, Florida, Texas dan California.

"Sebagai organiasai yang sangat memerhatikan peran anak muda dalam demokrasi Amerika, kolaborasi ini akan membantu puluhan ribu pemilih mendapatkan tumpangan ke TPS. Dengan begitu, partisipasi pemilih dalam pilpres AS 2016 akan penuh," ujar Presiden dan Direktur Eksekutif Voto Latino, Maria Teresa Kumar.

Sementara itu, Presiden dan Direktur Eksekutif Rock the Vote, Carolyn E DeWitt, menyebut, demokrasi lebih kuat ketika semua suara didengar. Dan untuk alasan itulah, ia menekankan pentingnya menawarkan fasilitas transportasi gratis ke TPS di berbagai negara bagian kunci dalam pilpres AS 2016 tersebut.

Pemungutan suara dalam pilpres AS 2016 akan dilaksanakan Selasa 8 November waktu Amerika Serikat. Capres AS harus meraih minimal 270 electoral votes untuk melenggang ke Gedung Putih sebagai AS-1.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini