Image

Mahasiswa UI Buat Startup Permudah Skripsi

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu, 9 November 2016 - 09:07 WIB
Foto: Okezone Foto: Okezone

JAKARTA - Menyusun skripsi menjadi proses yang dilalui sebagian besar mahasiswa untuk menyandang gelar sarjana. Tak jarang, penulisan skripsi menuai banyak kendala, dari mulai sulit mencari referensi, dosen pembimbing yang super sibuk, sulit mengolah data, dan lain sebagainya.

Menjawab persoalan sulit mencari referensi, lima mahasiswa Universitas Indonesia (UI) memiliki ide membuat startup yang diberi nama INSTANID, yakni bergerak pada bidang penelusuran informasi.

"Ketika mahasiswa sedang mengerjakan skripsi, tak jarang menemui kesulitan untuk mencari jurnal dan buku sebagai bahan rujukan. Kita hadir untuk membantu mencarikan referensi yang dibutuhkan," papar Chief Operating Officer (COO) INSTANID, Rizky Wirogo Cahyopramono, dinukil dari laman UI, Rabu (9/11/2016).

Rizky bersama empat rekannya, yaitu Rezky Rahmansyah, Argian Anggawa, Mahdianto, dan Irwin Pratama Putra berupaya supaya INSTANID mampu memberikan referensi yang tepat bagi pengguna. Untuk itu, tersedia fitur chat yang menjadi media bagi pengguna dalam berkonsultasi langsung tentang bahan rujukan yang ingin dicari.

"Pihak INSTANID biasanya melakukan wawancara yang cukup mendetail seputar topik apa yang ingin dicari, kata kunci yang berhubungan, dan kata kunci apa yang tidak diinginkan," terangnya.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan itu menjelaskan, setelah kriteria bahan rujukan yang diinginkan jelas, pengguna hanya perlu menunggu maksimal 24 jam. Pengguna sendiri akan dibebankan Rp25 ribu hingga Rp75 ribu untuk satu jurnal yang diperlukannya.

"INSTANID bekerja sama dengan perpustakaan universitas, perpustakaan umum, dan perpustakaan khusus milik instansi tertentu sebagai penyuplai informasi," tuturnya.

INSTANIS, lanjut Rizky, bisa langsung diakses melalui http://instanid.com. Startup ini juga pernah menjadi salah satu pemenang UI Incubate 2016 yang dilaksanakan oleh Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) UI.

"Jangan takut untuk mengeksekusi ide bisnis yang dimiliki. Jika tidak punya modal, ada banyak sekali kompetisi bisnis yang hadiahnya bisa dijadikan modal usaha," pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming