nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pahlawan untuk Indonesia Jadi Contoh Masyarakat

MNC Media, Jurnalis · Rabu 09 November 2016 07:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 09 337 1536568 pahlawan-untuk-indonesia-jadi-contoh-masyarakat-NahzUchvGy.JPG

JAKARTA - Penghargaan “Pahlawan untuk Indonesia” diberikan kepada sembilan kandidat yang berjasa di bidang lingkungan, pemberdayaan, pendidikan, kesehatan, budaya, olahraga, pelayanan publik, inovasi teknologi dan pertanian. 

“Mereka berbuat untuk lingkungan dan sesama, harus kita contoh,” kata CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat memimpin rapat terkait pemberian penghargaan di MNC Tower, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Kandidat berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Mereka dinilai oleh tim juri, yakni Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Rektor Universitas Gadjah Mada Profesor Dwikorita Karnawati dan Rektor Universitas Paramadina Profesor Firmanzah. Penilaian juga diberikan oleh Hary Tanoe dan Mahfud MD sebagai juri kehormatan. 

Hary Tanoe berharap, mereka yang mendapatkan apresiasi dari MNC Group bisa memotivasi masyarakat. "Marilah kita hidup seimbang, membangun karir untuk maju, saat bersamaan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat yang menerima penghargaan “Pahlawan untuk Indonesia” diseleksi ketat oleh dewan juri. Kegiatan yang dilakukan dipastikan berdampak nyata, langsung dan luas terhadap masyarakat sekitarnya.

“Ada beberapa tokoh yang kita anggap menarik dan melawan arus besar, sehingga layak untuk kita apresiasi. Kegiatan yang dilaksanakan berpeluang untuk berkembang dan berlanjut pada masa depan, jangan sampai hanya bergantung pada seseorang kemudian tidak dilanjutkan,” tegas Firmanzah.

Dia mengaku kesulitan untuk menyaring 177 kandidat menjadi sembilan nama. Sebab, masing-masing kandidat memiliki karya dan pengabdian yang  nyata.

“Ini yang membuat perdebatan tim cukup panjang. Tim teknis turun ke lapangan untuk cross-checked untuk meyakinkan bahwa yang bersangkutan memang sosok yang luar biasa dan menginspirasi," terangnya.

Sementara itu, Mahfud MD mengatakan, Indonesia merupakan bangsa yang kuat karena memiliki banyak sosok yang tulus bekerja nyata untuk masyarakat, bangsa dan negara tanpa memikirkan gelar pahlawan dari negara.

"Mereka adalah pahlawan yang sesungguhnya. cinta kepada Tanah Air, membangun dunia pendidikan dan sebagainya," ungkapnya.

Mahfud mengapresiasi langkah MNC Group yang rutin menggelar “Pahlawan untuk Indonesia”. Menurutnya, program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk menjadi pahlawan, dimulai dari lingkungannya masing-masing.

"Mudah-mudahan ini menginspirasi lahirnya pahlawan-pahlawan tanpa pamrih. Pahlawan sejati itu yang bekerja tanpa pamrih untuk kepentingan bangsa dan negaranya," tambah pria berkacamata itu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini