Merah Putih Raksasa Berkibar di Makam Pahlawan Jombang

Zen Arivin, Okezone · Kamis 10 November 2016 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 10 519 1538177 merah-putih-raksasa-berkibar-di-tmp-jombang-WIJayQ6cLw.jpg Foto: Zen Arivin/Okezone

JOMBANG - Banyak cara dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan. Seperti yang dilakukan puluhan mahasiswa di Jombang, Jawa Timur. Di hari pahlawan ini, mereka membentangkan bendera merah putih raksasa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jombang, Rabu (10/11/2016).

Selain membentangkan bendera sepanjang 80 meter, puluhan mahasiswa ini juga menggelar teatrikal dan pembacaan puisi yang bertemakan pahlawan. Setelah sebelumnya membaca doa dan melakukan ziarah di makam para pahlawan itu.

"Para pahlawan sudah bertaruh nyawa dalam merebut kemerdekaan. Karena itu, sudah menjadi keharusan bagi generasi bangsa untuk selalu mengambil semangat serta mengenang jasa para pahlawan," kata Abi Utomo, Mahasiswa Bahasa dan Sastra STKIP Jombang, Rabu (10/11/2016).

Abi menambahkan, pembentangan bendera raksasa di Hari Pahlawan ini memang sudah di konsep sedemikian rupa. Menurutnya, ada pesan yang ingin disampaikan dalam aksi pembentangan bendera rakasasa ini.

"Makna dari pembentangan bendera mengelilingi tugu TMP ini, merupakan simbol pemersatu bangsa. Karena para pahlawan yang gugur di medan perang, bukan hanya dari satu suku atau satu agama. Namun, mereka bersatu demi merah putih," tambahnya.

Tentu saja, aksi yang dilakukan para mahasiswa ini menarik perhatian para pengguna jalan. Banyak pengguna jalan yang akhirnya berhenti dan memberikan hormat kepada para pahlawan dan ikut melakukan ziarah dan tabur bunga.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini