Pekan Ini, PM Jepang Direncanakan Bertemu Trump di New York

Emirald Julio, Okezone · Selasa 15 November 2016 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 15 18 1542336 pekan-ini-pm-jepang-direncanakan-bertemu-trump-di-new-york-ClxtLnlOYO.jpg Foto Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (Foto: Reuters)

NEW YORK – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dijadwalkan bertemu presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump, pada Kamis 17 November 2016 di Kota New York. Disinyalir pertemuan ini diadakan untuk menumbuhkan rasa saling percaya antara Jepang-AS di masa depan.

Sebagaimana dikutip dari NHK, Selasa (15/11/2016), Abe menjelaskan kepada para pejabat Jepang bahwa ia merencanakan diskusi dengan Trump mengenai berbagai isu, termasuk mengenai perdagangan bebas. Namun, dasarnya adalah agar Abe dan Trump dapat menciptakan rasa percaya agar melancarkan hubungan bilateral Jepang-AS.

Abe juga dikabarkan akan menjelaskan kepada Trump pentingnya kesepakatan dagang dalam Trans-Pacific Partnership (TPP). Sebagaimana diketahui, TPP merupakan perjanjian dagang antara 12 negara yang berbatasan dengan Samudera Pasifik, kecuali China.

Abe menegaskan yakin Trump akan memahami nilai dari kebijakan perdagangan bebas. Abe menambahkan, jika TPP gagal berkembang maka akan membuat Regional Comprehensive Economic Partnership (berisi China tanpa AS) akan menjadi pusat perhatian global.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini